AL SAJA` FI SURAH AL-AHZAB: DIRASAH BALAGHIYAH

Faridah, Faridah (2014) AL SAJA` FI SURAH AL-AHZAB: DIRASAH BALAGHIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Sajak dalam Surat Al-Ahzab. Dalam pembuatan skripsi ini, penulis menggali beberapa nilai-nilai sastra tentang kajian ilmu badī‘ yang di dikhususkan pada pembahasan saja’ yaitu tentang keindahan lafadnya, dimana yang menjadi objek kajiannya adalah Surat Al-Ahzab yang terdiri dari 73 ayat.
Surat ini termasuk golongan surat Madaniyah, diturunkan sesudah surat ‘Ali Imran. Dinamai “Al-Ahzab” yang berarti “golongan-golongan yang bersekutu”, karena dalam surat ini terdapat beberapa ayat yaitu ayat 9-27 yang berhubungan dengan Perang Ahzab, yaitu peperangan yang dilancarkan oleh orang-orang Yahudi, kaum munafik, dan orang-orang musyrik Mekkah terhadap orang-orang Mu’min di Madinah mereka telah mengepung rapat orang Mu’min, sehingga sebagian dari mereka telah berputus asa.
Sedangkan rumusan masalah yang diajukan dalam penulisan skripsi ini yaitu sebagai berikut: 1) Apa macam-macam Saja’ dalam Surat Al-Ahzab, 2) Bagaimana keindahan Saja‘ dalam Surat Al-Ahzab.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ayat apa saja yang mengandung macam-macam saja‘ dalam surat Al-Ahzab, dan mengetahui keindahan saja‘ dalam surat Al-Ahzab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah:
1. Saja’ dalam surat Al-Ahzab terdiri dari 2 macam yaitu saja’ mutawazi dan saja‘ mutarraf 34 ayat. 2 macam saja‘ yang terdapat dalam surat Al-Ahzab yaitu saja’ muṭawazi dan saja‘ muṭarraf. Saja‘ mutawazi adalah kedua huruf terakhirnya dan wazannya sama, yang berjumlah 21 ayat, sedangkan Saja’ mutarraf adalah kedua huruf terakhirnya sama tetapi berbeda wazannya, yang berjumlah 13 ayat.
2. Saja’ mempengaruhi jiwa yang mempunyai daya pesona yang menarik seperti angin yang mempermainkan debu, kalimat akhirnya dibangun oleh saja’ yang mana akan menimbulkan nada yang mempengaruhi pendengar. Keindahan saja‘ dalam surat ini terletak pada huruf akhir yang mengandung satu musik yaitu (A) dan satu makna yaitu perintah bertaqwa kepada Allah.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdurrahman
Uncontrolled Keywords: Sajak; Surat Al-Ahzab
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2015 03:08
Last Modified: 05 Feb 2015 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item