Pengaruh umpan balik evaluasi formatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Vivi Nur (2016) Pengaruh umpan balik evaluasi formatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas hasil belajar matematika siswa masih rendah dan proses pembelajaran matematika masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan oleh dengan adanya siswa yang kurang disiplin dalam mengerjakan soal latihan maupun PR, siswa juga kurang memahami konsep-konsep prasyarat, sehingga informasi materi yang disampaikan guru belum diterima siswa dengan jelas dan mengakibatkan terjadinya kesalahan konsep yang berkepanjangan. Jadi untuk mengetahui materi mana yang belum dipahami siswa dan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan konsep yang berkepanjangan maka guru perlu memberikan evaluasi formatif serta “umpan balik” (feedback) terhadap hasil evaluasi formatif tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tindak lanjut siswa terhadap umpan balik evaluasi formatif, (2) respon (pendapat) siswa terhadap umpan balik evaluasi formatif, (3) adanya pengaruh umpan balik evaluasi formatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 MAN Surabaya tahun ajaran 2015-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika. Untuk mendapatkan data digunakan soal tes subjektif dan angket respon siswa (kuesioner). Analisis statistik yang digunakan adalah uji hipotesis data berpasangan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Prosentase rata-rata tindak lanjut siswa terhadap umpan balik evaluasi formatif adalah sebesar 54%. (2) respon (pendapat) siswa terhadap umpan balik evaluasi formatif yang diberikan pada pokok bahasan statistika adalah positif dengan prosentase rata-rata jawaban positif sebesar 87,43%, (3) hasil analisis uji hipotesis data berpasangan diperoleh t hitung = 7,95 dan t tabel = 1,711 dengan taraf signifikan 5%. Karena t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya hasil belajar siswa sesudah diberi umpan balik evaluasi formatif lebih besar dari pada hasil belajar siswa sebelum diberi umpan umpan balik evaluasi formatif. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa umpan balik evaluasi formatif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Vivi Nurvivinurlatifah2406@gmail.comD34211051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Umpan Balik; Evaluasi Formatif; Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Vivi Nur Latifah
Date Deposited: 15 Mar 2016 07:58
Last Modified: 26 Nov 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item