Tinjauan fiqh siyasah dalam Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 Tahun 2020 terhadap Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmawati, Xena Mei (2021) Tinjauan fiqh siyasah dalam Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 Tahun 2020 terhadap Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Xena Mei Sukmawati_C04217035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian normatif. Penelitian hukum normatif atau penelitian pustaka ini merupakan penelitian yang mengkaji studi dokumen, yakni menggunakan berbagai data sekunder seperti peraturan perundang-undangan, teori hukum dan pendapat dari para sarjana, sehingga menjadi data yang kongkrit mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan Aplikasi Sipraja berdasarkan Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati Kepada Camat. Hasil penelitian ini Pertama, bahwa Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan Aplikasi Sipraja berdasarkan Surat Edaran Bupati Nomor 180/SE/9090/438.1.1.1/2019 Tentang Penggunaan Aplikasi Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) di seluruh Kecamatan, Desa dan Kelurahan dan Surat Edaran Wakil Bupati Sidoarjo Nomor 44.3.33/200/438.5.2/2020 Tangggal 16 Maret Hal Kewaspadaan Terhadap Virus Corona (COVID-19) Edaran II, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan warga Sidoarjo mengurus secara dalam jaringan masyarakat bisa mencetak mandiri surat yang sudah ditanda tangani secara elektronik oleh camat maupun Kepala Desa atau Lurah. Dalam sistem Sipraja ada 16 jenis pelayanan yaitu terbagi menjadi 3 sistem yaitu:a. layanan Surat Type A (dari user ke Desa atau kelurahan), b. layanan Surat Type B (dari user ke desa atau kelurahan dilanjutkan ke Kecamatan), c. layanan Surat Type C (dari user langsung ke Kecamatan). Kedua, Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan Sipraja yang terdapat dalam Peraturan Bupati Nomor 22 Tahun 2020 sesuai dengan Siyasa>h Idariya>hbahwa pemimpin selalu menggunakan power atau kekuatan.Dalam hal ini dapat diartikan bahwa pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan Aplikasi Sipraja adalah keputusan yang sangat baik dikarenakan Sipraja ini banyak manfaat dalam pandemi Covid-19 seperti ini. Sejalan dengan kesimpulan di atas, sebagai wujud nyata Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam Implementasi optimalisasi pemerataan pemanfataan teknologi untuk pelaksanaan pelayanan publik di Desa atau Kelurahan dan Kecamatan, maka Aplikasi Sipraja ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan khususnya pelayanan yang telah dilimpahkan Bupati kepada Camat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmawati, Xena Meixenamei22083@gmail.comC04217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Ikhsan Fatahikhsan.fatahyasin@gmail.com2017058901
Subjects: Kepala Daerah
Layanan
Pengembangan perkotaan
Keywords: SIPRAJA; Layanan masyarakat; Aplikasi Online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Xena Mei Sukmawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 01:53
Last Modified: 06 Aug 2021 01:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49074

Actions (login required)

View Item View Item