Profil embodied cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan kinestetik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodriyah, Lailatul (2021) Profil embodied cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan kinestetik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Qodriyah_D74216095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses pemecahan masalah matematika mencakup empat tahapan yaitu memahami masalah, memikirkan rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat dibentuk dari rasa percaya diri yang dimiliki. Rasa percaya diri dapat dilihat dari embodied cognition atau “kognisi yang diwujudkan” secara fisik oleh siswa selama proses pemecahan masalah. Embodied cognition yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa gestur (gesture) dan ucapan (utterance), sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gestur dan ucapan siswa yang muncul dalam proses pemecahan masalah matematika pada siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah 3 siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Gresik yang memiliki kecerdasan kinestetik berdasarkan tes kecerdasan majemuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes kecerdasan majemuk; 2) tes pemecahan masalah matematika; 3) wawancara; dan 4) observasi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tes kecerdasan majemuk, lembar pemecahan masalah matematika, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Setelah diperoleh data penelitian, dilakukan analisis data data berdasarkan indikator embodied cognition gestur dan ucapan yang muncul dalam proses pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Embodied cognition pada aspek gestur dari siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik pada seluruh tahapan proses pemecahan masalah matematika adalah gestur menunjuk, gestur representasional, dan gestur menulis kecuali pada tahap melihat kembali; 2) Embodied cognition pada aspek ucapan dari siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik adalah berupa ekspresi wajah, tatapan dan gerak mata, nada suara, atau ketenangan tubuh yang menunjukkan keyakinan dan kepercayaan diri pada seluruh tahapan proses memecahkan masalah matematika kecuali dalam memilih strategi penyelesaian masalah pada tahap memikirkan rencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodriyah, Lailatullailatulqodriyah1019@gmail.comD74216095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Embodied cognition; Gestur; Ucapan; Pemecahan Masalah Matematika; Kecerdasan Kinestetik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailatul Qodriyah
Date Deposited: 25 Apr 2021 06:22
Last Modified: 25 Apr 2021 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47684

Actions (login required)

View Item View Item