Analisis network planning pada proyek konstruksi jalan oleh CV.X menggunakan metode Program Evaluation Review Technique (PERT)- Critical Path Method (CPM) dan Metode Crashing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anenda, Lulitasari Putri (2020) Analisis network planning pada proyek konstruksi jalan oleh CV.X menggunakan metode Program Evaluation Review Technique (PERT)- Critical Path Method (CPM) dan Metode Crashing. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lulitasari Putri Anenda_H72216057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia saat ini sedang giat melakukan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah adalah pengaspalan jalan. Saat melakukan pekerjaannya, suatu perusahaan harus memperhatikan teknik jaringan kerja agar tidak terjadi masalah pada perencanaan penjadwalan, dan pengendalian aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian yang optimal disertai dengan biaya yang dapat diminimalisir pengeluarannya oleh CV.X yang sedang menangani proyek selama 114 hari dengan total biaya sebesar Rp 4.046.873.346. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder terkait dengan urutan dan hubungan aktivitas, waktu pelaksanaan, dan rencana anggaran biaya (RAB). Penelitian ini menggunakan metode PERT-CPM untuk mengetahui waktu penyelesaian optimal menggunakan jalur kritis dan konsep probabilitas. Hasil metode PERT-CPM adalah aktivitas di jalur kritis dengan durasi optimal sebesar 115 hari, dimana durasi tersebut melebihi masa kontrak sehingga perlu dilakukan crashing. Metode Crashing merupakan upaya untuk mempercepat durasi proyek dan mengefisiensikan biaya yang dikeluarkan. Terdapat 2 skenario dalam metode Crashing yang bisa digunakan oleh pelaksana proyek. Skenario pertama yaitu mereduksi durasi berdasarkan durasi optimal menjadi 108 hari dengan penghematan sebesar Rp 690.354. Skenario kedua yaitu mereduksi durasi kerja menjadi 114 hari agar tidak terjadi keterlambatan dengan penghematan sebesar Rp 434.574. Adapun jika tidak dilakukan metode Crashing, maka penalty yang harus dibayar adalah sebesar Rp 12.140.620.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anenda, Lulitasari Putrilulitasariputri@gmail.comH72216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Matematika
Pembangunan
Teknologi
Keywords: Durasi; Biaya; Jaringan Kerja; Metode PERT-CPM; Metode Crashing
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Lulitasari Putri Anenda
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:47
Last Modified: 04 Aug 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42087

Actions (login required)

View Item View Item