Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Habits of Mind

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaqiim, Shiroothol (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Habits of Mind. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shiroothol Mustaqiim_D04215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat diartikan kesanggupan seorang individu dalam mengatasi beragam tugas yang berhubungan dengan matematika dan membutuhkan strategi dalam menyelesaikannya. Hal tersebut penting dimiliki siswa ketika menghadapi suatu permasalahan tingkat yaitu soal HOTS. Selain itu kebiasaan berpikir (habits of mind) dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari habits of mind. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 2 siswa dengan habits of mind tinggi, 2 siswa dengan habits of mind sedang, dan 2 siswa dengan habits of mind rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara berbasis tugas. Hasil data wawancara berbasis tugas selanjutnya dipaparkan dan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikur: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan habits of mind tinggi mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal tersebut, tidak mampu menggunakan semua informasi yang ada dan mampu membuat rencana langkah-langkah penyelesaian, mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan benar, dan tidak mampu memeriksa kebenaran hasil atau jawaban. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan habits of mind sedang kurang mampu menentukan apa yang diketahui dari soal tersebut dan mampu menentukan apa yang ditanyakan dalam soal tersebut, tidak mampu menggunakan semua informasi yang ada dan mampu membuat rencana langkah-langkah penyelesaian, mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan benar, dan tidak mampu memeriksa kebenaran hasil atau jawaban. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan habits of mind rendah kurang mampu menentukan apa yang diketahui dari soal tersebut dan mampu menentukan apa yang ditanyakan dalam soal tersebut, tidak mampu menggunakan semua informasi yang ada dan tidak mampu membuat rencana langkah-langkah penyelesaian, tidak mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan benar, dan tidak mampu memeriksa kebenaran hasil atau jawaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaqiim, Shiroothols.mustaqiim23@gmail.comD04215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; HOTS; Habits of Mind
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Shiroothol Mustaqiim
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:23
Last Modified: 07 Jan 2020 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38633

Actions (login required)

View Item View Item