Penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nur Fadlilatur (2011) Penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fadlilatur Rohmah_C02207085.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/31863/

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan. Metode yang digunakan unt uk menganalisis adalah metode deskriptif analisis yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan atau menggambarkan data hasil penelitian, data tentang penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini menerangkan bahwa akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan pada dasarnya pemilik modal (s.ahibul mal) memberikan keleluasaan penuh kepada pengelola (mudarib), akan tetapi pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan tidak demikian. Beberapa pemilik modal (nasabah) mcmberikan batasan tertentu kepada pengelola (pihak bank). Nasabah yang kelebihan uang datang pada bank, dan mendapatkan penjelasan dari pihak bank terlebih dahulu, banyak nasabah yang memilih akad tabungan Mudarabah Mutlaqah, sebab dalam pcnyaluran dana ket ika mendapat keuntungan dana pokok yang disalurkan dapat kembali ditdmbah bagi hasil dari usaha yang ditentukan nasabah. namun ketika rugi dana pokok tetap bisa kcrnbali tetapi tidak mendapatkan bagi hasil saja. Pendirian PT. BPRS Bank Madinah Lamongan masih muda baru sekitar satu setengah tahun dan dalam pengeluaran produk tabwgan khususnya akad mudarabah masih mutlaqah. Penerapan tersebut terdapat perbedaan antara teori dengan prakteknya, sebingga dapat dianalisis dalam hukum Islam. Seperti yang dijelaskan pada kitab Fiqh Sunnah Jilid III bahwa, dalam Mudarabah Mutlaqah itu tidak mengikat pada pembatasan tertentu dari pemilik modal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah pada PT. BPRS Bank Madinah Lamongan dibolehkan, jika penggunaan dana yang diberikan oleh nasabah diperuntukkan pihak bank pada suatu hal yang sesuai dengan akad sebelumnya, sehingga pihak bank telah menjalankan amanat dari nasabah dengan baik dan sesuai aturan Islam. Sejalan kesimpulan di atas, hendaknya penerapan akad tabungan Mudarabah Mutlaqah sesuai dengan teorinya, sehingga sejalan antara teori dengan penerapan yang ada Pihak PT. BPRS Bank Madinah dapat lebih mengembangkan produk­produknya baik penghimpunan maupun pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menerapkan aturan Hukum Islam yang sebenarnya dengan mengefektifkan peran Dewan Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nur Fadlilatur--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: Akad tabungan; Mudarabah Mutlaqah; Bank Perkeriditan Rakyat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:39
Last Modified: 29 Apr 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31863

Actions (login required)

View Item View Item