Profil kemampuan penalaran logis siswa ditinjau dari Resiliensi Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Af'idatul (2019) Profil kemampuan penalaran logis siswa ditinjau dari Resiliensi Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Af'idatul Amaliyah_D74214023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan penalaran logis merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan fakta atau informasi yang logis atau masuk akal. Sedangkan Resiliensi matematis merupakan sikap positif dalam pembelajaran matematika yang meliputi :percaya diri melalui usaha keras akan keberhasilan, memperlihatkan ketekunan dalam menemukan kesulitan, mempunyai keinginan untuk berdiskusi, mencerminkan, dan melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran logis siswa SMP ditinjau dari resiliensi matematis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 4 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Sidoarjo yang terdiri dari 2 siswa dengan resiliensi matematis tinggi dan 2 siswa dengan resiliensi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes penalaran logis matematis dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes penalaran logis matematis siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator penalaran logis dalam mengumpulkan fakta secara terurut dan lengkap, membangun dan menetapkan asumsi yang logis, menilai atau menguji asumsi serta mampu membuat suatu kesimpulan berdasarkan proses berpikir yang tepat. Selanjutnya siswa yang memiliki resiliensi matematis rendah hanya mampu memenuhi satu indikator penalaran logis yaitu pada langkah mengumpulkan fakta secara terurut dan lengkap, pada langkah membangun dan menetapkan asumsi yang logis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Af'idatulafidatulamaliyah95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Logis; Resiliensi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amaliyah Af'idatul
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:55
Last Modified: 18 Apr 2019 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31536

Actions (login required)

View Item View Item