Efektifitas penerapan Brain Based Learning (BBL) untuk melatih kemampuan Berpikir Lateral siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afroh, Nur Robihatul (2019) Efektifitas penerapan Brain Based Learning (BBL) untuk melatih kemampuan Berpikir Lateral siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Robihatul Afroh_D04213027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Brain based Learning (BBL) adalah pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Sedangkan Kemampuan lateral siswa adalah adalah berpikir dengan memproses informasi untuk memandang permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda dengan mencari berbagai macam alternatif penyelesaian yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir lateral siswa SMP setelah diberi pembelajaran Brain based Learning (BBL). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-E SMP N 1 Mojoanyar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan lateral, dan angket respon siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran Brain Based Learning (BBL) memperoleh nilai rata-rata 3,58 dan termasuk dalam kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa memperoleh nilai ratarata 3,52 dan termasuk dalam kategori sangat aktif; (3) Ketuntasan klasikal kemampuan berpikir lateral siswa memperoleh persentase sebesar 92%; maka termasuk dalam kategori tuntas; dan (4) Respon siswa memperoleh presentase sebesar 100% yang dapat dikatakan positif. Sehingga pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk melatih kemampuan berpikir lateral siswa dapat disimpulkan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afroh, Nur Robihatulnur.afroh55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Brain Based Learning (BBL); kemampuan berpikir lateral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afroh Nur Robihatul
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:58
Last Modified: 18 Apr 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item View Item