Pengembangan lembar kerja siswa dan media lingkaran untuk melatihkan keterampilan verbalisasi siswa Tunanetra di SMPLB-A YPAB Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Durrotun (2019) Pengembangan lembar kerja siswa dan media lingkaran untuk melatihkan keterampilan verbalisasi siswa Tunanetra di SMPLB-A YPAB Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotun Nabilah_D74215088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika bagi siswa tunanetra terutama pada materi geometri memiliki beberapa kendala salah satunya adalah pada penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang ada bagi siswa tunanetra ini bisa dikatakan memprihatinkan karena banyaknya media yang ada sangat terbatas dan terkadang media yang ada itu tidak dapat digunakan karena dalam pembuatannya tidak memperhatikan hambatan yang ada pada siswa tunanetra. Selain itu juga, menurut penelitian disebutkan bahwa siswa tunanetra belum dapat mendeskripsikan sifat-sifat serta belum dapat memberikan definisi yang tepat dari objek yang diberikan. Berdasarkan pada permasalahan yang ada tersebut, maka dalam penelitian ini dikembangkan lembar kerja siswa dan media lingkaran yang diharapkan mampu melatih keterampilan verbalisasi siswa tunanetra. Selain itu juga, manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan mempermudah dan memotivasi siswa untuk belajar matematika terutama dalam materi lingkaran. Penelitian ini mengembangkan lembar kerja siswa dan media lingkaran, dimana jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu berupa LKS dan media lingkaran untuk kemudian diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini dibatasi pada pokok bahasan unsur-unsur lingkaran yang telah disesuaikan dengan KD matematika khusus untuk SMPLB-A. Proses pengembangan LKS dan media lingkaran ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah Field Note untuk mencatat semua proses yang terjadi selama pengembangan LKS dan media lingkaran, validasi oleh para validator ahli dibidangnya untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan secara teori, wawancara siswa yang dilakukan untuk memperoleh data respon siswa terhadap LKS dan media lingkaran, dan tes pemahaman yang digunakan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan LKS dan media lingkaran ini apakah sudah mencapai tujuan pembelajaran atau belum. Kevalidan dan kepraktisan secara teori dari lembar kerja siswa dan media lingkaran ini mendapat penilaian B (valid dengan sedikit revisi) dari para validator ahli media. Persentase respon siswa untuk LKS dan media lingkaran ini adalah 95% dimana siswa menunjukkan respon postif terhadap LKS dan media lingkaran ini. Sedangkan dari segi keefektifan LKS dan media ini, siswa menunjukkan nilai atau skor akhir diatas rata-rata atau melebihi rata-rata dari nilai matematika dari sekolah, ini berarti lembar kerja siswa dan media lingkaran ini sudah mampu mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan sesuai dengan KD yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Durrotundurrotun.nabilah99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Lembar Kerja Siswa; Media Lingkaran; Keterampilan Verbalisasi; SMPLB-A
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Durrotun
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:58
Last Modified: 16 Apr 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item