Efektifitas model Moving Class terhadap pencapaian tujuan pembelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichah, Imro'atus (2011) Efektifitas model Moving Class terhadap pencapaian tujuan pembelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Imroa'atus Solichah_D01205173.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pengaruh pelaksanaan sistem Moving Class terhadap pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam implementasinya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dewasa ini telah banyak mengalami baik itu berupa teknis maupun yang berupa taktis. Dalam dunia pendidikan seseorang siswa dituntut untuk mampu mengikuti setiap pembelajaran dengan baik, tetapi itu tidak mudah. Untuk itu seorang guru harus bisa mengetahui setiap kepribadian dari anak didiknya sehingga penerapan pengajaran dalam proses belajar mengajar bisa diterima dengan baik. Dalam penerapannya kegiatan belajar yang mengaktifkan siswa sangat bervariatif, diantaranya dengan menerapkan Moving Class yang mengharuskan siswa untuk selalu aktif. Pelaksanaan Moving Class ini dilaksanakan dengan berpindah kelas antara yang satu dengan yang lain, dan nanti di dalam kelas tata letak yang ada juga akan berubah sesuai dengan pengajaran saat itu. Ini semua tidak terlepas dari peran guru, karena keaktifan siswa tergantung pada guruya sendiri, jikalau gurunya itu aktif dalam memberikan pengajaran dengan berbagai cara mengajar yang bervariatif maka keaktifan siswa juga akan bertambah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, di mana analisisnya menggunakan statistik. Dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Untuk mendukung keabsahan dari penelitian ini dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan sistem Moving Class terhadap aktivitas belajar siswa di SMPN 26 Surabaya ini digunakan rumus "Korelasi Product Moment" Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pelaksanaan sistem Moving Class terhadap tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 26 Surabaya adalah cukup dengan menggunakan pedoman tabel konservatif yang menunjukkan bahwa 0,70 — 0,90 dikatakan kuat. Hal ini terbukti dari perhitungan yaitu diketahui r o = r = 0,865 apabila kemudian dibandingkan dengan t „the/ yang ada path tabel H / d .b = 68, dengan melihat taraf signifikan 1% = 0,232 dan taraf signifikan 5% = 0,302. Berarti r 0 > t tabel jadi 0,865 > 0,232 dan 0,865> 0,302 maka konsekuensinya Hipotesis kerja (He ) diterima dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichah, Imro'atusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Moving Class
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 08:04
Last Modified: 08 Apr 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30965

Actions (login required)

View Item View Item