Perbedaan antara peran Guru PAI pasca lulus sertifikasi dengan Guru PAI non-sertifikasi terhadap aktifitas belajar siswa pada bidang studi Agama Islam di SMA Albakriyah Lomaer Blega Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, Kamilia (2010) Perbedaan antara peran Guru PAI pasca lulus sertifikasi dengan Guru PAI non-sertifikasi terhadap aktifitas belajar siswa pada bidang studi Agama Islam di SMA Albakriyah Lomaer Blega Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamilia Fatah_D01206091.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru sebagai agen pembelajaran dan berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Dengan terlalcsananya sertifikasi guru, diharaplcan akan berdampak path meningkatnya mutu pembelajaran dan mutu pendidilcan secara berkelanjutan. Tujuan sertifikasi adalah untuk meninglcatkan lcualitas guru yang path alchirnya diharapkan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuslcan beberapa permasalahan antara lain: Bagaimana peran guru PAI pasca lulus sertifikasi di SMA AI-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan?, Bagaimana aktifitas belajar siswa pada bidang studi agama Islam di SMA Al-Balcriyah Lomaer Blega Bangkalan?, Bagaimana perbedaan antara peran guru PM pasca lulus sertifikasi dengan guru PAT non-sertifikasi terhadap aktifitas belajar siswa path bidang studi agama Islam di SMA Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan?. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah elcsperimen. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, dokumentasi clan angket. Dan untuk inenganalisis angket adalah dengan prosentase dan statistic parametik yaitu dengan menggunakan Uji t. Hasil temuan penelitian ini menunjuldcan bahwa peran guru PAI pasca lulus sertifikasi di SMA Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan tergolong sangat baik. Hal itu terbulcti dan i hasil perhitungan angket yang bernilai 90,94%. Berdasarkan hasil penelitian aktifitas belajar siswa di SMA Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan untuk kelas kontrol kurang baik, hal ini terbukti dan i hasil angket yang bernilai 55%, sedangkan untuk hasil penelitian aktifitas belajar siswa di SMA Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan untuk kelas eksperimen cukup baik, hal ini terbulcti dan i hasil angket yang bernilai 69,13%. Berdasarkan hasil uji coba, peran guru PAI pasca lulus sertifikasi telah menunjukkan pengaruh yang sangat nyata terhadap aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran agarna Islam di SMA Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan, ada perbedaan nilai yang signifikan ketilca diajar oleh guru PAI yang telah lulus sertifikasi dengan guru PAI yang non-sertifikasi. Dari perhitungan didapat hasil bahwa 2,69 < 4,05 > 2,02. Artinya, to lebih besar, baik pada taraf signifikansi 5 % maupun pada taraf signifikansi 1 %. Berdasarkan keterangan di atas maka nilai t yang diperoleh adalah signifikan, ini berarti hipotesis diterima (Ha).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatah, Kamilia--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Sertifikasi; Non Sertifikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:36
Last Modified: 09 Apr 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30959

Actions (login required)

View Item View Item