Pengaruh model Webbed terhadap keaktifan belajar siswa Kelas III di SDIT Firdaus Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Nunik Ikawati (2011) Pengaruh model Webbed terhadap keaktifan belajar siswa Kelas III di SDIT Firdaus Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nunik Ika Wati Fauzi_D21206283.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model Webbed ini menyajikan pembelajaran degan tema yang menghubungkan antar mata pelajaran. Sehingga dalam pembelajaran Webbed ini memungkinkan siswa dapat mengintegrasikan ide-ide dalam suatu bidang studi memungkinkan siswa mengkaji, mengkonseptualisasi, memperbaiki, serta mengasimilasi ide-ide dalam memecahkan masalah, terutama dalam binglcai moralitas dan spiritualitas Islam. Dengan adanya hubungan atau kaftan antar gagasan didalam satu bidang studi, siswa-siswa mempunyai gambaran yang lebih konfrehensif dari beberapa aspek tertentu mereka pelajari secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi:Pelaksanaan model webbed pada mata pelajaran pendidikan agama islam, Keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan model webbed, Adakah pengaruh keduanya dengan dilengkapi kajian teori yang mambahas tentang model webbed dan keaktifan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode penelitian lapangan yang memerlukan analisa statistic yang sesuai dengan permasalahan yang ada, kerena penelitian ini berusaha untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model webbed terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajara pendidikan agama islam. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase,untuk rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumusan product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan interview, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sample 19 siswa dan i 122 jumlah semua siswa di SDIT Firdaus Mojosari. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan model webbed tergolong cukup dengan prosentase 74,205 % pada kategori 56%-75% dan keaktifan belajar siswa tergolong baik dengan prosentase 82,1% dan termasuk pada kategori 76%-100%.sedang dan i analisa product moment menunjukkan adanya korelasi yang kuat atau tinggi antara pengaruh model webbed terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT Firdaus Mojosari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Nunik Ikawati--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model webbed; keaktifan belajar siswa; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:13
Last Modified: 09 Apr 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30957

Actions (login required)

View Item View Item