Pemanfaatan Media Elektronika LCD (Liquid Crystal Display) dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Furqon, Mochammad (2010) Pemanfaatan Media Elektronika LCD (Liquid Crystal Display) dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Furqon_D01304259.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang secara berkembang di dunia pendidikan penuh dengan persaingan dalam kemampuan dalam menggunakan dan memanfaatkan media elektronika sebagai media dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Guru dituntut agar profesional dalam sumber daya manusia agar siswa-siswi tidak merasa bosan dalam menerima materi mata pelajaran khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam. Dalam proses pembelajaran guru sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kaulitas pendidikan karena menyangkut esensi pekerjaan yang membutuhkan kemahiran khusus. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami guru PAI agar dapat bersaing dalam menggunakan media elektronika LCD yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di zaman modernisasi ini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan lcualitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, yang numa data yang sudah dikumpulkan tersebut dianalis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil temuan penelitian ini menunjuldcan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, ada yang menggunakan media elektronika LCD dan ada yang tidak menggunakan media elektronika LCD karena: (1) Kompetensi pedagogik; Guru yang profesional adalah guru yang mampu melaksanakan/menjalankan tugasnya yang berkaitan dengan penggunaan media elektronika LCD sesuai dengan kemajuan teknologi yang dibutuhkan (2) Kompetensi kepribadian; Seorang guru harus mempunyai kepribadian yang menarik, yakni suatu kepribadian yang dapat membuat orang lain tertarik dengan dirinya, sehingga orang lain yaitu siswa-siswi mau mendengarkan apa yang diucapkannya dan mau melaksanakan apa yang diperintahkannya. (3) Kompetensi sosial; Guru yang baik adalah guru yang mampu bersaing dalam menggunakan media elektronika LCD dalam pembelajaran lcarena bisa mengarahlcan kepada siswa-siswi tentang pemanfaatan media di kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Furqon, Mochammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Media Elektronika; LCD; Liquid Crystal Display
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:53
Last Modified: 09 Apr 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30956

Actions (login required)

View Item View Item