Efektifitas model pembelajaran Critical Thinking dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan al Falah Buduran Siwalan Panji Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoridah, Ririn (2010) Efektifitas model pembelajaran Critical Thinking dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan al Falah Buduran Siwalan Panji Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Khoridah_D01304204.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran critical thinking merupalcan model yang digunalcan untuk mengasah, menemulcan, dan menganalisis sebuah materi pembelajaran, dengan memposisikan siswa sebagai subyek yang berproses sendiri, baik secara individu maupun kelompok, sedangkan guru diposisikan sebagai pendamping. Model ini lebih banyak digunalcan di tingkat perguruan tinggi, namun model ini perlu kiranya juga di implementasikan pada tingkat dasar dan menengah, karena disamping model ini sudah relevan, juga agar siswa terbiasa untuk menemukan dan menganalisis pemahaman dengan realitas yang mareka alami. Berkenan dengan hal diatas, nunusan masalah yang diangkat adalah: bagaimana penerapan model pembelajaran critical thinking dalam pembelajaran, bagalmana upaya yang dilalculcan oleh SMP Unggulan Al-Falah Silawanpanji Buduran Sidoado dalam meningkatkan pemahaman siswa, dan bagaimana efelctifitas model pembelajaran critical thinking dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi PAI di SMP Unggulan Al-Falah Silawanpanji Buduran Sidoarjo Berdasar dari rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran critical thinking dalam pembelajaran di SMP Unggulan Al-Falah Panji, untuk mengetahui upaya-upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa SMP Unggulan Al-Faith Panji, clan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran critical thinking dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi PAI di SMP Unggulan Al-Faith Silawanpanji Buduran Sidoarjo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian desriptif kuanlitatif. dalam penelitiaan ini pengumpulan data dilakukan dengan; metode tes, wawancara, dokumentasi, dan angket dan untuk analisa datanya, penulis menggunakan teknik doeble test double trial method, kemudian dilanjutnya dengan analisa statistik uji "t" (rumus Fisher). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman belajar siswa, antara yang di kelas eksperimen dengan kelas kontrol perbedaan ini terlihat dari meningkatnya skor rata-ratai kelompok elisperimen dan i 6,22 (pre test) menjadi 8,1 (post test) dan kelompok kontrol dan i 6,1 (pre test) menjadi 7,0 (post test). ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,1. kemudian dalam hasil perhitungan uji "t" diperoleh to sebesar 4,932 anglca ini jauh lebih besar dibanding tt pada tamf signifikansi 5%, yaitu 2,00 dan tamf sifnifikansi 1%, yaitu 2,65 (2,00 < 4,932 > 2,65). Ini dapat disimpullcan bahwa penerapan model pembelajaran critical thinking cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang Audi PAI di SMP Unggulan Al-Faith Siwalanpanji Budumn Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoridah, Ririn--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelaaran; Critical Thinking
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:14
Last Modified: 09 Apr 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30952

Actions (login required)

View Item View Item