Peningkatan kemampuan membandingkan Bilangan Cacah sub tema Hidup Rukun di tempat bermain melalui media permainan Monopoli siswa Kelas II MINU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Achmad Rifqi (2018) Peningkatan kemampuan membandingkan Bilangan Cacah sub tema Hidup Rukun di tempat bermain melalui media permainan Monopoli siswa Kelas II MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Rifqi Rozaq_D97214081.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa di dalam pembelajaran tematik sub tema hidup rukun di tempat bermain pada pembelajaran 1 materi membandingkan bilangan cacah masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan tidak tersedianya media pembelajaran yang mendukung. Oleh sebab itu, maka dengan dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan media permainan monopoli di dalam penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membandingkan bilangan cacah pada kelas II MINU Wedoro Sidoarjo. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media permainan monopoli pada materi membandingkan bilangan cacah pembelajaran tematik sub tema hidup rukun di tempat bermain pada pembelajaran 1 kelas II MINU Wedoro Sidoarjo; (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membandingkan bilangan cacah pembelajaran tematik sub tema hidup rukun di tempat bermain pada pembelajaran 1 kelas II MINU Wedoro Sidoarjo melalui media permainan monopoli. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media permainan monopoli dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Dari nilai lembar observasi guru pada siklus I sebesar 91,4 menjadi 94,8 pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa dari 85,3 pada sikus I menjadi 91,4 pada siklus II; (2) Kemampuan siswa dalam membandingkan bilangan cacah mengalami peningkatan. Pada pra siklus rata-rata nilai hasil belajar hanya mencapai 30,4 dengan prosentase ketuntasan belajar 7,1%. Pada siklus I mencapai 72,8 dan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 46,4%. Rata-rata nilai hasil belajar yang didapat pada siklus II mencapai 94,5 dan prosentase ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 100%. Sehingga peningkatan prosentase tersebut dari nilai rata-rata pra siklus ke siklus I 43,4 dan siklus I ke siklus II 26,2. Sedangkan peningkatan prosentase dari prosentase ketuntasan belajar pra siklus ke siklus I 39.3% dan siklus I ke siklus II 53,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, Achmad Rifqiripkie94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar matematika; media permainan monopoli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rozaq Achmad Rifqi
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:57
Last Modified: 15 Nov 2018 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item View Item