Pengembangan pembelajaran matematika Model Missouri Mathematic Project dengan pendekatan belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’allim untuk meningkatkan living value siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholekah, Nurul (2018) Pengembangan pembelajaran matematika Model Missouri Mathematic Project dengan pendekatan belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’allim untuk meningkatkan living value siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Sholekah_D94214085.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, mendeskripsikan kevalidan, mendeskripsikan kepraktisan, mendeskripsikan keefektifan, dan mendeskripsikan peningkatan living value siswa dari pengembangan pembelajaran matematika model MMP dengan pendekatan belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’allim.
Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan pendekatan belajar dalam kitab ta’lim muta’allim dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan menggunakan model Thiagarajan yang telah dimodifikasi dari 4-D menjadi 3-D, yaitu tahap (1) pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design) dan (3) tahap pengembangan (development). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS dan Lembar Tugas Proyek (LTP) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Unggulan Al-Falah Buduran dengan jumlah subjek sebanyak 20 siswa. Selanjutnya perangkat pembelajaran yang dihasilkan akan dilihat validitas, kepraktisan dan efektifitasnya.
Setelah data dianalisis secara deskriptif, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 4 dengan kriteria valid, rata-rata nilai LKS sebesar 4,125 dengan kriteria valid, dan rata-rata nilai kevalidan LTP sebesar 4,078947 dengan kriteria valid. Perangkat pembelajaran matematika menggunakan model MMP dan pendekatan belajar dalam kitab ta’lim muta’allim telah dinilai praktis oleh para ahli dengan rata-rata penilaian “B” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini “efektif”. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang relevan terhadap pembelajaran mencapai presentase sebesar 89 % sedangkan yang tidak relevan mencapai presentase sebesar 7,7 %. Persentase keterlaksanaan sintaks pembelajaran pertama mencapai 95,24 % sedangkan persentase keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang kedua mencapai 100%. Persentase total respon siswa dalam pembelajaran mencapai angka 78,42% dan masuk kategori positif. dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai angka 85% sehingga dikatakan tuntas. Kemampuan living value pada siswa mengalami peningkatan pada tiga nilai yaitu nilai kejujuran, kerjasama dan tangggungjawab siswa.Pada nilai kejujuran siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,900 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,000. Pada nilai kerjasama siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,827 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,000. Pada nilai tanggungjawab siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,758 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,000. Karena Zhitung˃Ztabel dan angka signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan nilai kejujuran, kerjasama dan tanggungjawab siswa dalam pembelajaran matematika antara sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan model MMP dan pendekatan belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’alim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholekah, Nurulnurul.sholekah.ns@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model Missouri Mathematic Project; Pendekatan Belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’allim; Living Value
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sholekah Nurul
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:19
Last Modified: 13 Aug 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27286

Actions (login required)

View Item View Item