Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Fitri (2018) Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Rachmawati_B96214120.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tren pemasaran beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online). Konsep digital marketing bagi para pelaku usaha yaitu dapat memasarkan produknya dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Fokus masalah yang diangkat, yaitu : (1) bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya dalam memasarkan produknya (2) bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai penerapan digital marketing produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan grounded theory yang memberikan pengembangan terhadap bidang kajian penelitian. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi melalui digital marketing kedua pelaku usaha yaitu penyampaian positioning statement di setiap postingan Facebook dan Instagram serta menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast respond (cepat tanggap) di media sosial. Kendala dan manfaat penerapan digital marketing berkaitan dengan bauran pemasaran—4P (product, price, place, dan promotion). Saran bagi pelaku usaha yakni tetap menjalankan aktivitas pemasaran, baik konvensional maupun digital dengan konsisten, terutama mengenai digital marketing bisa dikembangkan lagi dalam pengelolaannya, karena selama ini masih dimanajemen sendiri oleh masing-masing pelaku usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Fitrifitrirachmaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri Kecil
Internet
Komunikasi
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu; Usaha Kecil dan Menengah (UKM); Pahlawan Ekonomi Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rachmawati Fitri
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:56
Last Modified: 08 Aug 2018 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item