Efektifitas penggunaan multimedia pada pembelajaran sholat dalam meningkatkan pemahaman gerakan sholat dengan benar pada siswa SDN Sawahan 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamimah, Nur (2011) Efektifitas penggunaan multimedia pada pembelajaran sholat dalam meningkatkan pemahaman gerakan sholat dengan benar pada siswa SDN Sawahan 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Guru hanyalah satu dari begitu banyak sumber belajar yang dapat memungkinkan siswa belajar. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi sekarang ini maka pemakaian alat bantu yang berupa (multimedia) sangat di butuhkan, guna untuk membantu siswa dalam memahami pesan dan informasi yang di sampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Penggunaan Multimedia Pada Pembelajaran Sholat dalam Meningkatkan Pemahaman Gerakan Sholat yang Benar Pada Siswa SD. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimen, jenis desain penelitian posttest only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD yang berjumlah 20, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data melalui observasi dan chek list. Hasil data di analisis dengan menggunakan analisis data dengan uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon signed ranks test) pada program SPSS 16.0 for windows. Hasil dari analisis data tersebut uji peringkat bertanda Wilcoxon yaitu bahwa hasil penelitian di peroleh taraf signifikansi 0,048 yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai Z hitung -1.979 yang lebih besar dari nilai Z tabel 1,96. Selain itu berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif terlihat bahwa Mean score variabel, tata cara sholat dengan benar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada Mean score variabel Pemahaman Gerakan sholat dengan benar pada kelompok kontrol (24,7 27,1). Sehingga terdapat perbedaan Pemahaman Gerakan sholat dengan benar antara siswa yang di beri multimedia sebagai kelompok eksperimen dan siswa yang tidak di beri multimedia sebagai kelompok kontrol. Jadi, multimedia lebih efektif dari pada media yang ada di sekolah dalam meningkatkan Pemahaman Gerakan sholat dengan benar pada pembelajaran sholat pada siswa SD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamimah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Efektifitas penggunaan multimedia; sholat yang benar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:01
Last Modified: 21 Dec 2017 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20783

Actions (login required)

View Item View Item