Ajaran Islam dalam pemahaman perguruan Ilmu Sejati di Desa Sukorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrichah, Masrichah (1996) Ajaran Islam dalam pemahaman perguruan Ilmu Sejati di Desa Sukorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Seseorang yamg melihat Islam dari satu sisi dan kemudian tak mau mendalami Islam secara benar, maka kebanyakan dengan serta merata mereka akan menolak ajaran Islam, bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan mengatakan apa yang disyari'atkan Islam adalah keliru. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui tentang apa yang diajarkan perguruan Ilmu sejati terhadap para penganutnya. Mengetahui bagaimana pemahaman dan penafisiran perguruan Ilmu Sejati terhadap ajaran Islam. Dengan menggunakan metode diskriptif kwalitatif pada akhir pembahasan dapat disimpulkan dantaranya bahwa tentang konsep ke-Tuhanannya, ajaran ke-Tuhanan di perguruan Ilmu Sejati terdapat pada ajaran Dikir Tarek Hanggelar Sirahing Iman. Tapi apa yang di sebut Tuhan itu " Hingsun" yang berarti aku yang berwujud manusia yang mempunyai tiga unsur yaitu Adam, Muhammad dan Allah. Adam menurutnya sesuatu yang masih berwujud halus dan terbungkus dalam rahim yang terdiri dari kawah dan ari-ari. Muhammad menurutnya sesuatu yang sudah berwujud bayi tetapi bayi tersebut masih dalam rahim ibu, namun sudah mempunyai bentuk dan cahaya. Dan Allah menurutnya sesuatu yang berwujud bayi yang sudah lahir kedunia, bisa bernafas, bergerak dan memiliki cahaya kemerah-merahan tetapi bayi tersebut belum disentuh oleg serta belum dipotong pusarnya. Pemahaman dan penafsiran tentang Rukun Islam inilah yang tertera dalam serat penget yang tertulis wajib anetepo pikukuh hidup Islam limo yaitu: sahadat, yang dimaksud dalam perguruan Ilmu Sejati disebut salat sejati dan ada waktu salat yang dianjurkan yaitu pada waktu akan tidur, setelah bangun tidur, dan bila telah datang janjinya, sebenarnya bagi penganut perguruan Ilmu Sejati dalam waktu apa saja dan domana saja, harus selalu salat supaya tetap Eling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrichah, Masrichah--UNSPECIFIED
Subjects: Aliran Kebatinan
Keywords: Ajaran Islam; perguruan Ilmu Sejati
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:36
Last Modified: 08 Dec 2017 15:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item