PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PATRONASE FIGUR TERHADAP PREFERENSI NASABAH TABUNGAN HAJI DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PENBANTU KOTA BLITAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaikah, Retno Dewi (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PATRONASE FIGUR TERHADAP PREFERENSI NASABAH TABUNGAN HAJI DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PENBANTU KOTA BLITAR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Banyak hal yang bisa mempengaruhi preferensi nasabah sebuah bank, di antara yang bisa mempengaruhi preferensi nasabah tersebut adalah kualitas pelayanan dan opinion leader. Kualitas pelayanan sudah barang tentu berpengaruh terhadap persepsi dan preferensi nasabah. Sedangkan opinion leader dapat dikatakan sebagai orang-orang berpengaruh, yakni orang-orang tertentu yang mampu memengaruhi sikap orang lain secara informal dalam suatu sistem sosial. Ia berperan sebagai model dimana perilakunya (baik mendukung atau menentang) diikuti oleh para pengikutnya. Karena seringkali sebagian masyarakat Indonesia masih terpengaruh oleh saran dan apa yang dilakukan oleh seorang tokoh yang dijadikan figur oleh kalangan masyarakat tertentu. Hal ini dapat menarik nasabah dari kalangan tertentu yang berada dalam komunitas tokoh tersebut. Kualitas pelayanan dan patronase figur sangat menarik untuk dikaji lebih jauh, apakah kualitas pelayanan dan patronase figur memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap preferensi nasabah atau pengaruhnya tidak cukup signifikan, atau malah tidak berpengaruh sama sekali. Di Kota Blitar Jawa Timur, produk Tabungan Haji BRI Syariah iB memiliki kualitas pelayanan yang bagus, dan memiliki seorang figur yang cukup disegani dan banyak diikuti dalam hal haji, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap pengaruh keduanya terhadap preferensi nasabah BRI Syariah pada Tabungan Haji BRI Syariah iB. Peneliti memilih bank tersebut karena pada bank tersebut memenuhi syarat untuk melakukan penelitian ini, yang mana jumlah nasabahnya yang terus meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisa partial least square. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu di Jl. Tanjung No. 17 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh besarnya variabel kualitas pelayanan terhadap preferensi nasabah adalah sebesar 0,583. Koefisien pada hubungan ini bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap preferensi nasabah searah. Artinya semakin baik kualitas pelayanan maka preferensi nasabah akan meningkat, sebaliknya semakin buruk kualitas pelayanan maka preferensi nasabah akan semakin menurun, dan pengaruh patronase figur terhadap preferensi nasabah memiliki nilai t-value sebesar 4,942, karena nilai t-value ≥±1,96 maka hipotesis 0 diterima, sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh langsung dari variabel patronase figur terhadap preferensi nasabah. Artinya semakin baik patronase figur maka preferensi nasabah akan meningkat, sebaliknya semakin buruk patronase figur maka preferensi nasabah akan semakin menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaikah, Retno Dewiretnodewi729@gmal.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Layanan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulaikah Retno Dewi
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:09
Last Modified: 23 Jan 2017 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14834

Actions (login required)

View Item View Item