العناصر الداخلية في مسرحية "القصر في الجنة" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Andaru Timur Galuh (2022) العناصر الداخلية في مسرحية "القصر في الجنة" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andaru Timur Galuh Larasati_A91218085.pdf

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang unsur-unsur instrinsik yang terdapat dalam drama “Al-Qashru fii Al-Jannah” yang ditulis oleh Ali Ahmad Bakathir. Penulis mengambil judul ini dikarenakan drama ini mengandung banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil dan dapat kita terapkan dalam keseharian.Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dimana hasilnya berupa kata-kata tertulis dari objek yang telah diamati oleh penulis, adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks drama “Al-Qashru Fii Al-Jannah”. Data didapat dari penelitian kepustakaan yang berhubungan atau terkait dengan teori undur-undur instrinsik dan drama “Al-Qashru Fii Al-Jannah”. Setelah peneliti melakukan analisis, peneliti menghasilkan penelitian yang sesesuai dengan rumusan masalah Hasil dari penelitian ini adalah analisis unsur-unsur instrinsik dalam drama “Al-Qashru Fii Al-Jannah” karya Ali Ahmad Bakatsir. Drama ini bertemakan tentang keikhlasan dalam bersedekah dalam kehidupan dimana keihlasan itu akan mendapatkan ganjaran tersendiri dari Allah.swt baik di dunia maupun di akhirat. Tokoh utama dalam drama ini adalah Abu Muhammad Al-Farisy dan Hamzah Aziyat Al-Khurosani sedangkan tokoh pembantu dalam drama ini adalah Al-Hasan Al-Bashari, Asma, Misykadanah, Habibah, Abas, Abdullah, dan Ahmad. Alur dalam drama ini adalah alur maju.Latar tempat dalam drama ini yaitu: rumah Abu Muhammad, Madinah Munawaroh, dan Majlis Tujar. Sedangkan latar waktu yaitu: tadi malam (al-barihah). Gaya bahasa dalam drama ini yaitu: kalam khobari, kalam insya’i dan tibaq. Dalam drama terkandung beberapa amanat seperti tidak boleh tamak dan ridha atas apa yang ditetapkan Allah. Swt

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Andaru Timur Galuhandarularas20@gmail.comA91218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAqib, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Bahasa Arab
Kesejahteraan Sosial
Sastra
Keywords: Unsur instrinsik; Ali Ahmad Bakathir; al-qashru
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Timur Galuh Larasati Andaru
Date Deposited: 17 May 2022 05:39
Last Modified: 17 May 2022 05:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53280

Actions (login required)

View Item View Item