Sejarah Pondok Pesantren Al Rosyid Bojonegoro dan peranannya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Putri Erlin Koirun (2022) Sejarah Pondok Pesantren Al Rosyid Bojonegoro dan peranannya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Erlin Koirun Nisa_A92218122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang tahapanya meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penulis menggunakan kerangka teori perubahan linear dan teori peran. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan sejarah karena pada penelitian ini merujuk pada sejarah awal berdirinya pondok pesantren Al Rosyid, mengupas tuntas mengenai sejarah awal mula dari berdirinya pondok, perkembangan pondok pesantren yang semakin maju dan berkembang juga kemajuan dari berbagai Kyai yang memimpin dari masa ke masa mulai dari kepemimpinan K.H Masyur sampai dengan kepemimpinan K.H Alamul Huda.Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa:1.) Pondok Pesantren Al Rosyid didirikan oleh K.H Masyhur pada tahun 1959, yang bertujuan untuk memperbaiki dan membangun mental masyarakatnya. Selain itu juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menimba ilmu agama yang sesuai dengan ajaran agama Islam. 2.) Tokoh ulama yang berperan dalam Pondok Pesantren adalah K.H Mashyur sebagai pendiri Pondok Pesantren. Adapun tokoh yang lainnya adalah putra-putri dari K.H Masyhur yang turut berkontribusi dalam Pondok Pesantren Al Rasyid. 3.) Peran Pondok Pesantren Al Rasyid dalam meningkatkan kualitas Sumber daya manusia adalah dengan memfasilitasi sarana dan prasarana bagi santri dan santriwati, memberikan pelajaran agama yang sesuai dengan ajaran agama, mengembangkan minat dan bakatnya dengan mengikuti ekstrakulikulker yang aktif, pengajar yang mumpuni dan berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Putri Erlin Koirunputrierlin08@gmail.comA92218122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, DwiDwi Susanto@gmail.com197712212005011003
Subjects: Pesantren
Keywords: Sejarah; Pondok pesantren; Bojonegoro.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Putri Erlin Khoirun Nisa
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:13
Last Modified: 04 Apr 2022 05:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52651

Actions (login required)

View Item View Item