Peran pengurus pesantren dalam perubahan perilaku Sosial Keagamaan Santri Pondok Pesantren Al-Fattah Desa Siman Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan : ditinjau dari teori Talcot Parsons dengan pendekatan konsep AGIL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rojana, Fawaa Ida (2022) Peran pengurus pesantren dalam perubahan perilaku Sosial Keagamaan Santri Pondok Pesantren Al-Fattah Desa Siman Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan : ditinjau dari teori Talcot Parsons dengan pendekatan konsep AGIL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fawa Ida Rojana_I73218036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang keagamaan atau pendidikan islam. Pondok Pesantren yang berbasis keislaman memberikan dampak yang baik untuk santrinya, dengan berbagai aturan dan tujuan tertentu sehingga apabila ada perubahan pada santri bisa menjadi acuan dan cerminan yang baik bagi santri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran pengurus dalam perubahan perilaku sosial keagamaan santri serta bagaimana faktor pendorong dan tantangan pengurus dalam perubahan perilaku sosial keagamaan santri ponpes Al-Fattah Desa Siman. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi serta wawancara disertai dengan dokumantasi, dari penelitian ini menggunakan teori talcot parsons struktural fungsional dengan pendekatan dari konsep AGIL Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data peneliti menghasilkan bahwa peran pengurus pesantren dalam hal perilaku sosial keagamaan santri yang notabenya tugas pengurus dalam membina dan membimbing santri merupakan tanggung jawab penuh bagi pengurus, memberikan disetiap arahan yang diberikan pengurus nantinya mampu membuat santri bisa mengkondisikan setiap perubahan yang ada pada santri. Pondok pesantren Al-Fattah Desa Siman dengan mempunyai dua metode dalam sistem pendidikan yaitu program khusus dan reguler yang nantinya dari dua program tersebut menimbang dan membandingkan perubahan dalam perilaku sosial keagamaan santri. Dengan berbagai peran yang ada pasti akan faktor pendorong dan tantangan pengurus dalam perubahan perilaku sosial keagamaan santri salah satu dari faktor pendorong sendiri bisa dengan adanya tekanan pengurus serta adanya sosialisasi dari masyarakat luar santri dalam perubahan perilaku sosial keagamaan, sedangkan tantangan pengurus sendiri dalam setiap perubahan santri yaitu, 1)Faktor lingkungan luar, 2) Faktor Keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rojana, Fawaa Idafawaaidarojanasmaxi16@gmail.comI73218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTohari, Amin--2008077001
Subjects: Pesantren
Keywords: Peran pengurus; Perubahan perilaku sosial; Keagamaan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: fawaa ida rojana
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:58
Last Modified: 21 Mar 2022 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52497

Actions (login required)

View Item View Item