Peran komunitas batalyon dalam pengembangan pendidikan Agama Islam non formal terhadap pemuda kampung Kupang Gunung pasca penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Furqani, Moch. Supriadi (2022) Peran komunitas batalyon dalam pengembangan pendidikan Agama Islam non formal terhadap pemuda kampung Kupang Gunung pasca penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Supriyadi Al-Furqoni_F52918020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang munculnya ide untuk membahas penelitian yang berjudul “Peran Komunitas Batalyon Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal Terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya” adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi komunitas Batalyon dalam menerapkan pendidikan agama Islam non formal di Kampung Kupang Gunung. Selain ingin mengetahui tentang strategi pendidikan Islam non formal, hal yang lebih ditekankan dalam penelitian ini adalah peran komunitas Batalyon Surabaya terhadap pemuda kampung Kupang Gunung dalam pengembangan pendidikan agama Islam non formal pasca penutupan lokalisasi dolly. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah terkait strategi komunitas Batalyon Surabaya dalam menerapkan pendidikan agama Islam non formal yang ada di kampung Kupang Gunung pasca penutupan lokalisasi dolly Surabaya, selain itu permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah peran pemuda kampung Kupang Gunung yang tergabung dalam komunitas Batalyon Surabaya dalam penerapan pendidikan agama Islam non formal pasca penutupan lokalisasi dolly Surabaya. Dua hal tersebut termasuk pertanyaan yang penting dalam penelitian ini, karena penelitian ini muncul dari dua permasalahan tersebut.Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh komunitas Batalyon Surabaya dalam mengembangkan pendidikan agama Islam non formal yaitu melalui pendekatan sosial komunitas Batalyon secara langsung kepada masyarakat setempat dan peran komunitas ini terhadap masyarakat kampung Kupang gunung (khususnya pada pemuda) pasca penutupan lokalisasi dolly sangat besar, hal ini diakui oleh mayoritas masyarakat baik dari kalangan masyarakat biasa maupun dari kalangan kyai(ulama).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Furqani, Moch. Supriadisupriadi.alfurqani1@gmail.comF52918020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@gmail.com2030017101
Thesis advisorBasith, Junaidybasithjunaidy@gmail.com2021107101
Subjects: Islam dan Humanisme
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Pendidikan Agama Islam Non Formal; Komunitas Batalyon.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Furqani Moch. Supriadi Al
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:36
Last Modified: 17 Mar 2022 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52496

Actions (login required)

View Item View Item