Analisis penerapan akuntansi pesantren pada pondok pesantren Darussalam Gempol Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husyin, Husyin (2022) Analisis penerapan akuntansi pesantren pada pondok pesantren Darussalam Gempol Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husyin_G02218011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif positivisme yang menggunakan teknik analisis observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pihak kepala pengurus pondok pesantren Darussalam, bendaharanya dan laporan keuangan yang disusun pesantren Darusalam selama ini. Dengan demikian penelitian ini menggunakan jenis sumber data primer dan sekunder. Hasil analisis dari sebuah diskursus ini berupa adanya temuan bahwa pondok pesantren Darussalam belum menerapkan pedoman akuntansi pesantren. Pondok pesantren Darussalam membuat laporan keuangan terdiri dari pemasukan dan pengeluaran saja. Faktor yang mempengaruhi pondok pesantren Darusalam belum menerapkan pedoman akuntansi pesantren adalah belum disosialisasikannya ketentuan pedoman akuntansi pesantren, belum ada SOP (standar oprasional prosedur) penerimaan dan pengeluaran kas, belum singkronnya antara unit pengguna dengan kebijakan pengeluaran kas. Kondisi pesantren Darussalam yang belum menerapkan pedoman akuntansi pesantren ini, disarankan bagi pesantren Darussalam untuk menerapkan pedoman akuntansi pesantren, dan bagi IAI untuk lebih jauh menjangkau pesantren-pesantren yang belum menerapkan pedoman akuntansi pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husyin, Husyinhusyin30102@gmail.comG02218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Pesantren
Keywords: akuntansi pesantren
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Husyin .
Date Deposited: 16 Mar 2022 15:14
Last Modified: 16 Mar 2022 15:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52039

Actions (login required)

View Item View Item