Implementasi metode Pendidikan Al-‘Adat Wa Al-Jihad Ibnu Miskawaih dalam membentuk karakter Santri Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulihati, Muhlifa (2022) Implementasi metode Pendidikan Al-‘Adat Wa Al-Jihad Ibnu Miskawaih dalam membentuk karakter Santri Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhlifa Sulihati_D91217119.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai degradasi moral yang terjadi di era milenial ini sehingga diperlukan adanya bimbingan terhadap akhlak secara lebih intens yang salah satunya dapat diperoleh dari pesantren sebagai lembaga sosial keagamaan yang menjadi miniatur masyarakat. Sebab di pesantren sendiri, metode pendidikan karakter diberlakukan dengan masif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui metode pendidikan al-‘adat wa al-jihad Ibnu Miskawaih. (2) Untuk mengetahui implementasi dari metode al-‘adat wa al-jihad Ibnu Miskawaih dalam membentuk karakter santri di Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo. (3) Untuk mengetahui hasil implementasi dari metode al-‘adat wa al-jihad Ibnu Miskawaih dalam membentuk karakter santri di Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo.Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode studi kasus. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka yang relevan dengan penelitian ini guna memperkuat hasil penelitian. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi, display, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan bahwa : (1) Metode al-‘adat sendiri adalah metode pembiasaan, di mana pendidik perlu memberikan stimulus hal-hal baik secara masif sehingga dengan kebiasaan tersebut lahirlah karakter baik pada diri peserta didik. Sedangkan al-jihad berarti metode berupa usaha yang sungguh-sungguh serta menahan diri dari hawa nafsu. (2) implementasi dari metode pendidikan karakter al-‘adat wa al-jihad yang dirumuskan oleh Ibnu Miskawaih di Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo terwujud dalam kegiatan sehari-hari santri dan peraturan yang berlaku. (3) implementasi metode pendidikan karakter al-‘adat wa al-jihad yang dirumuskan oleh Ibnu Miskawaih di Pesantren Zainul Hasanain Genggong Probolinggo menghasilkan karakter santri berupa sikap sabar, sosial, disiplin, bertanggung jawab, citizenship, qanaah, ramah, dan santun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulihati, Muhlifamuhlifasulihati@gmail.comD91217119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pesantren
Santri
Keywords: metode pendidikan karakter; Ibnu Miskawaih; karakter santri. .
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulihati Muhlifa
Date Deposited: 18 Feb 2022 19:03
Last Modified: 18 Feb 2022 19:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52035

Actions (login required)

View Item View Item