Konstruksi makna cadar bagi santri putri bercadar Al-Fatah Desa Temboro: analisis konstruksi sosial Peter L. Berger

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjanah, Nike (2022) Konstruksi makna cadar bagi santri putri bercadar Al-Fatah Desa Temboro: analisis konstruksi sosial Peter L. Berger. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nike Nurjanah_E91217046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji tentang konstruksi makna cadar santri putri bercadar Al-Fatah Desa Temboro. Cadar umumnya dikenakan guna menutup sebagian wajah sehingga yang nampak hanya bagian mata atau bahkan keseluruhan wajah, hal ini banyak dijumpai di wilayah Temboro yang umumnya perempuan di sana menggunakan cadar. Fokus penelitian ini yakni makna cadar menurut santri dan analisis konstruksi sosial dalam pemaknaan cadar pada santri, tujuannya untuk mengetahui makna cadar dan konstruksi sosial santri bercadar di Temboro menggunakan kajian Fenomenologi konstruksi sosial Peter L. Berger. Dengan metode kualitatif dan penelitian terjun langsung ke lapangan berdasarkan teori konstruksi sosial didapat hasil penelitian diantaranya, pada tahap eksternalisasi santri memahami konsep cadar yang berakar dari Al-Quran, hadis dan pendapat ulama sehingga dijadikan sebagai acuan untuk bersikap. Sedangkan pada tahap obyektivasi di dalamnya telah terjadi proses interaksi antara santri dengan masyarakat Temboro sehingga menghasilkan habitualisasi dan pembiasaan penggunaan cadar yang kemudian ditiru oleh santri yang bercadar untuk menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tahap internalisasi terwujud pada perbedaan dalam penyerap pemahaman cadar sehingga menghasilkan makna cadar yang berbeda yakni; cadar bentuk ketaatan dalam menjalankan perintah Allah SWT, sebagai bentuk penerapan ilmu agama yang telah santri dapatkan selama belajar di pesantren dan kontak sosial dengan masyarakat Temboro, cadar sebagai kontrol diri, cadar sebagai pelindung, cadar sebagai upaya untuk promosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjanah, Nikenikenrjnh@gmail.comE91217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Pesantren
Santri
Keywords: Makna; Santri bercadar; Temboro; Konstruksi Sosial.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nike Nurjanah
Date Deposited: 05 Feb 2022 13:08
Last Modified: 05 Feb 2022 13:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51749

Actions (login required)

View Item View Item