Altruisme relawan muda aksi cepat tanggap (ACT) Jawa Timur dalam penanggulangan bencana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

khamilah, siti (2020) Altruisme relawan muda aksi cepat tanggap (ACT) Jawa Timur dalam penanggulangan bencana. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khamilah_F52918025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang terjadi pada saat ini semakin banyak individu yang mementingkan dirinya sendiri atau berkurangnya rasa tolong menolong antar sesama, terutama kurangnya keterlibatan anak muda dalam aksi social wellbieng yang kebanyaknya tidak peduli sosial, prakmatis dan sedikit hedonis. Sehingga memunculkan sikap atau sifat individualisme yang menjadi ciri manusia modern. Perilaku menolong yang bisa diberikan terhadap orang lain sangat bermacam-macam jenisnya, salah satunya dengan sebutan Altruisme. Salah satu fokus penelitian kali ini yakni suatu fenomena sosial yang kerap terjadi di kehidupan masyarakat yakni bencana yang menciptakan keprihatinan yang sangat mendalam, dengan tantangan yang luar biasa sehingga tindakan altruistik sangat di pertanyakan dalam diri relawan muda Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur, serta tindakan altruistik relawan muda pun memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi masyarakat. Dengan konsep praktik sosial Pierre Bourdiue yang terlebih fokus dalam faktor modal sosial akan lebih mudah menegtahui altruistik relawan muda ACT Jawa Timur. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apa alasan atau motif altruisme relawan muda untuk ikut serta dalam ACT Jawa timur? (2) bagaimana penanggulangan bencana ACT Jawa Timur? (3) bagaimana dampak penanggulangan bencana pada diri relawan muda ACT Jawa timur? Metode penelitian pada tesis ini menggunakan penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data dengan studi lapangan (dokumentasi, observasi dan wawancara), sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa didalam altruisme terdapat beberapa aspek Myers membagi perilaku altruistik kedalam tiga aspek, diantaranya adalah; perilaku membantu orang lain, mengutamakan kepentingan orang lain diatas kepentingan diri sendiri, seorang memberika bentuk perhatian terhadap orang lain. Selain aspek juga ada faktorfaktor yang mempengaruhi altruisme. Seseorang yang menunjukkan perilaku altruisme merupakan orang yang memiliki tingkat religiusiatas, bahwasanya terdapat hubungan antara religiusitas dengan perilaku altruisme, dimana seseorang relawan muda ACT Jawa timur yang kebanyakan dari anggota aktif yang memiliki religiusitas akan memberikan pertolongan dengan suka rela, menolong tanpa mengharap bentuk imbalan dan selain itu juga ada kepuasan rohani saat menolong dengan ikhlas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
khamilah, sitikamilbaba820@gmail.comF52918025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Bencana alam
Islam dan Humanisme
Remaja
Keywords: Altruisme Relawan Muda; Aksi Cepat Tanggap (ACT); Penanggulangan Bencana.
Divisions: Program Magister > Pemikiran Islam
Depositing User: M.Ag siti khamilah
Date Deposited: 31 Dec 2021 08:46
Last Modified: 31 Dec 2021 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51238

Actions (login required)

View Item View Item