Potensi Produksi pada UMKM Konfeksi dan Sablon untuk kesejahteraan masyarakat Desa Tritunggal Tengah Kabupaten Lamongan berdasarkan Perspektif Kesejahteraan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Mutia Firdha (2021) Potensi Produksi pada UMKM Konfeksi dan Sablon untuk kesejahteraan masyarakat Desa Tritunggal Tengah Kabupaten Lamongan berdasarkan Perspektif Kesejahteraan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutia Firdha Aulia_G94217109.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM merupakan jenis usaha yang dapat bergerak dalam berbagai bidang dan dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang memenuhi syarat sebagai usaha mikro. Salah satu UMKM tersebut yaitu UMKM konfeksi dan sablon di Desa Tritunggal Tengah. UMKM konfeksi dan sablon merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam pembuatan pakaian jadi yang diproduksi secara massal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi produksi UMKM konfeksi dan sablon di Desa Tritunggal Tengah Kabupaten Lamongan serta dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Tritunggal Tengah Kabupaten Lamongan berdasarkan perspektif kesejahteraan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan data yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui wawancara sedangkan data sekunder melalui buku, jurnal, terbitan BPS, serta data dari kantor desa. Hasil dari penelitian ini berupa, potensi produksi UMKM konfeksi dan sablon di Desa Tritunggal Tengah Kabupaten Lamongan selama tiga periode tercatat pertumbuhan produksinya yaitu 3%, 1%, -42% lebih kecil dibandingkan dengan potensi pengolahan barang bekas yang ada di Dusun Grogol selama tiga periode yang pertumbuhannya relatif stabil yaitu sebesar 5%, 4%, 4%. Potensi produksi UMKM konfeksi dan sablon juga lebih kecil dibandingkan dengan potensi usaha ayam potong di Dusun Tesan yang pertumbuhannya selama tiga periode terakhir tercatat sebesar 34%, 23%, -2%. Kemudian kesejahteraan masyarakat dijelaskan bahwa ketergantungan penuh manusia kepada Allah SWT belum maksimal karena masih lalai terhadap ibadahnya. Hilangnya rasa lapar, terpenuhi berdasarkan kemampuan individu masing-masing. Hilangnya rasa takut, tercapai karena tidak adanya kecurangan. Generasi penerus yang kuat dalam hal ketaqwaan kepada Allah telah tercapai dengan memberi pendidikan agama namun dalam hal kesiapan ekonomi belum tercapai dikarenakan orang tua yang masih belum fokus pada masa depan anak, terkesan masih membebaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Mutia Firdhamutiafirdhaaulia@gmail.comG94217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com20220562010
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Potensi; Produksi; Konfeksi dan sablon.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mutia Firdha Aulia
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:29
Last Modified: 03 Nov 2021 03:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50875

Actions (login required)

View Item View Item