Pengembangan masyarakat berbasis lingkungan Oleh Karang Taruna “ Tunas Harapan” di Dusun Drokiyo Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2021) Pengembangan masyarakat berbasis lingkungan Oleh Karang Taruna “ Tunas Harapan” di Dusun Drokiyo Glagah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_B92217127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan lingkungan dimana meningkatkan strategi untuk meningkatkan kualitas Karang Taruna beserta masyarakat Dusun melalui inovasi pembuatan keterampilan kerajinan. Karang Taruna yang juga sebagai organiasasi sosial, selain itu kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. dengan memanfaatkan aset atau potensi anggota Karang Taruna, tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui pengembangan masyarakat berbasis lingkungan oleh karang taruna serta mengetahui apa perubahan yang terjadi di masyarakat pasca pengelolaan sampah juga guna meningkatkan kreatifitas anggota karang taruna beserta masyarakat dan Dusun dengan membuat keterampilan berupa pemanfaatan sampah botol plastic untuk dijadikan pot yang nantinya akan dibentuk menjadi taman vertical.Pada proses pendampingan ini, peneliti melakukan inkulturasi terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan mengungkapkan kesuksesan di masa lalu, membangun masa depan bersama masyarakat, merencanakan aksi perubahan dan melaksanakan rencana serta melakukan monitoring dan evaluasi.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang berbasis aset dan potensi yang ada di Dusun Drokiyo dengan empat tahapan yaitu Discovery, Dream , Design, dan Destiny. Proses pendampingan dimulai dari FGD , perencanaan aksi hingga pelaksanaan aksi berupa tentang pembuatan kerajinan dari pemanfaatan sampah plastic. Melalui program tersebut hasil dampingan yang dilakukan membawa sebuah perubahan terhadap anggota Karang Taruna masyarakat serta Dusun itu sendiri dengan perubahan yang awal mula karang taruna yang diajak warga sekarang karang tarna yang mengajak warga untuk melakukan gotong royong dan kerha bakti untuk pembersihan Dusun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitisiti81621@gmail.comB92217127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Daur Ulang
Kesejahteraan Sosial
Lingkungan Hidup
Keywords: Karang Taruna; Pengembangan; Lingkungan; Botol Plastik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 25 Oct 2021 11:08
Last Modified: 25 Oct 2021 11:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50742

Actions (login required)

View Item View Item