Peran Pondok Modern Sumber Daya At Taqwa (POMOSDA) Tanjunganom Nganjuk dalam pemberdayaan masyarakat Desa Tanjunganom Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masngud, Ibni (2021) Peran Pondok Modern Sumber Daya At Taqwa (POMOSDA) Tanjunganom Nganjuk dalam pemberdayaan masyarakat Desa Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibni Masngud_G94216169.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari peran yang dilakukan oleh Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (POMOSDA) Tanjunganom Nganjuk dalam hal pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan yang dilakukan oleh POMOSDA berupa pemberian pelatihan melalui adanya kegiatan pendidikan dan pelatihan (DIKLAT), dan pembinaan kepada masyarakat. Pelatihan dan pembinaan yang dilakukan kepada masyarakat disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh masyarakat yang diberdayakan. misalnya potensi dalam bidang peternakan, pertanian, perikanan, usaha perancangan, dan lain sebagainya. Pencarian informasi mengenai potensi masyarakat yang akan diberdayakan dilakukan oleh pomosda dalam tahapan penyadaran. Ini dilakukan agar potensi masyarakat dapat dilihat dan POMOSDA bisa memfokuskan pelatihan dan pembinaan sesuai dengan potensi yang ada. Sistem kemitraan juga diterapkan oleh POMOSDA dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana peneliti megamati fonomena kejadian yang ada di lapangan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan mengumpulkan data dari berbagai macam literatur tanpa menggunakan pengukuran numerik, rumus statistik atau kuisoner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan POMOSDA dalam memberdayakan masyarakat Desa Tanjunganom Nganjuk dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap penyadaran, tahap pembinaan, dan tahap kemandirian. Tahap penyadaran dilakukan oleh POMOSDA dengan cara datang langsung ke tempat masyarakat yang akan diberdayakan dengan mengadakan kegiatan yang dinamakan ngaji tani, melalui brosur dan terbantu oleh informasi yang disebar masyarakat dari mulut ke mulut. Masyarakat kemudian biberikan pelatihan dan pembinaan sampai pada tahap kemandirian. Peran yang dilakukan oleh POMOSDA dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan ini tidak hanya pada aspek ekonomi, melainkan berdampak pula pada kemandirian dan perubahan karakter masyarakat. Masyarakat yang diberdayakan mengalami kemandirian atau bisa dikatakan berdaya, dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk kemanfaatan pribadi, keluarga dan lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masngud, Ibniibnimas3902@gmail.comG94216169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Pesantren
Keywords: Pesantren; Desa Tanjunganom; Pemberdayaan Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ibni Masngud
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:47
Last Modified: 30 Sep 2021 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50499

Actions (login required)

View Item View Item