Analisis wacana Kritis Teun A. Van Dijk terhadap upaya mencegah radikalisme Dalam Buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat" Karya Haris Amir Falah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nuzulatul (2021) Analisis wacana Kritis Teun A. Van Dijk terhadap upaya mencegah radikalisme Dalam Buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat" Karya Haris Amir Falah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuzulatul Afifah_E91217106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang upaya mencegah radikalisme yang terdapat dalam buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat” yang akan dianalisis dengan menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: Pertama, bagaimana upaya mencegah radikalisme dalam buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat”? Kedua, Bagaimana analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk terhadap upaya mencegah radikalisme dalam buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat”? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari literatur kepustakaan yang berkaitan dengan tema kajian. Selanjutnya, data-data tersebut dibaca dan disajikan secara deskriptif analitis. Skripsi ini menemukan bahwa: Pertama, upaya mencegah radikalisme dalam buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat” adalah dengan menjaga silaturrahmi dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan, baik ilmu umum maupun ilmu agama. Kedua, dalam analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk dari segi teks dapat disimpulkan bahwa menjaga silaturrahmi merupakan awal dari tumbuhnya sikap toleransi dan juga penanaman wawasan ilmu pengetahuan yang baik dan benar sedini mungkin dapat menjadi upaya dalam mencegah radikalisme. Sedangkan dari segi kognisi sosial, dapat disimpulkan bahwa upaya mencegah radikalisme yang dijelaskan dalam buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat” merupakan keinginan dakwah Haris Amir Falah dalam upaya mengajak masyarakat agar terhindar dari pemikiran radikal seperti yang pernah terjadi pada ia sebelumnya. Sedangkan dari segi konteks sosial, peneliti dapat menyimpulkan bahwa buku “Hijrah dari Radikal kepada Moderat” yang mana di dalamnya juga berisi tentang upaya mencegah radikalisme ditanggapi secara positif di kalangan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nuzulatulviviafifah017@gmail.comE91217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Islam dan Humanisme
Radikal dan Radikalisme
Teroris
Keywords: Analisis Wacana Kritis; Radikalisme; Haris Amir Falah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nuzulatul Afifah
Date Deposited: 02 Sep 2021 08:40
Last Modified: 02 Sep 2021 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50133

Actions (login required)

View Item View Item