Perancangan pondok pesantren salafiyah di Jember dengan pendekatan Biophilic

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajri, M. Febri (2021) Perancangan pondok pesantren salafiyah di Jember dengan pendekatan Biophilic. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Febri Fajri_H03216013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Jember merupakan salah satu kota yang terletk di Jawa Timur. Kabupaten Jember dilintasi jalan negara yang akan menuju sisi paling timur dari pulau jawa yaitu Banyuwangi yang kemudian akan menyebrangi menuju Bali, sehingga cukup dikenal oleh masyarakat dari berbagai wilayah. Berdasarkan catatan yang ada, kegiatan pendidikan agama di Nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Kegiatan agama inilah yang kemudian dikenal dengan nama pondok pesantren di Indonesia. Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru atau yang biasa disebut kyai dan memiliki asrama untuk para santri menginap. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang belajar, dan kegiatan agama lainnya. Yasinat adalah merupakan wujud perkembangan sebuah taman pendidikan yang telah dirintis secara resmi tahun 1924 dengan didirikan bangunan masjid. Pengajarannya semula bersifat kalsikal pendidikan non formal Al-qur’an, seiring dengan kebutuhan masyarakat, maka dibentuklah sebuah yayasan yang bertujuan untuk memperlancar kegiatan pengajaran dan pendidikan. Biophilic design menggunakan alam sebagai faktor penentu perancangan. Namun berbeda dengan pendekatan arsitektur lainnya, fokus utama biophilic design terletak pada dampak alam terhadap psikologis manusia. Alam memberikan pengaruh positif terhadap psikologis manusia dan bagaimana cara mengolah desain agar manusia dapat merasakan kehadiran alam disekitarnya. Perancangan Pondok Pesantren Salafi di Jember Dengan Pendekatan Biophilic yang memiliki beberapa konsep dasar dalam mendesain baik itu tapak, bangunan maupun ruang. Perancangan yang dihasilkan dari konsep tersebut adalah terciptanya suatu desain yang memiliki nilai keselarasan dengan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajri, M. Febrimffajri012@gmail.comH03216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Pendidikan
Pesantren
Keywords: Perangcanag; Pondok pesantren; Biophilic.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: m febri fajri
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:05
Last Modified: 04 Aug 2021 23:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49151

Actions (login required)

View Item View Item