Tradisi pembacaan al-ma'thurat di Pesantren Tahfiz Daarul Qur'an Putri Cikarang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhani, Nanda Kusuma (2021) Tradisi pembacaan al-ma'thurat di Pesantren Tahfiz Daarul Qur'an Putri Cikarang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Kusuma Wardhani_E93217126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alquran dan pondok pesantren merupakan dua hal yang berhubungan dan berkaitan dengan erat. Pondok pesantren sacara umum memiliki jenis dan jenjang pendidikan yang berbeda-beda, tetapi setiap pondok pesantren memiliki kesamaan dalam hal kegiatan membaca alquran. Membaca Alquran merupakan termasuk kegiatan berzikir, sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu kegiatan berzikir yang rutin dilakukan di Pesantren Tahfiz Daarul Quran Putri Cikarang adalah membaca al-Ma’thurat. Al-Ma’thurat merupakan salah satu karya milik Imam Hasan al-Banna, di dalamnya terdapat kumpulan ayat-ayat alquran, doa sehari-hari, hadis-hadis pilihan serta doa rabithah.Pembacaan al-Ma’thurat dikaji menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni menekankan bagaimana seseorang memaknai mengartikan pengamalan serta pengalamannya. Membaca al-Ma’thurat merupakan salah satu contoh zikir yang merupakan kajian dari living quran. Living quran yakni kehidupan teks alquran yang dilibatkan dalam kegiatan masyarakat. Perintah untuk berzikir banyak ditemukan di dalam alquran. Selain itu zikir juga membawa banyak dampak dalam kehidupan, yang juga tertulis dalam alquran. Adapun hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwasannya, pembacaan al-Ma’thu>rat di Pesantren Tahfiz Daarul Qur’an Putri Cikarang dilakukan 3 hari sekali. Pagi hari saat setelah melaksanakan salat duha diikuti oleh seluruh masyarakat pondok pesantren meliputi sumber daya insani, staff DaQu School, dan juga para ustaz-ustazah yang dipimpin oleh pimpinan pondok pesantren. Pembacaan kedua dilaksanakan oleh seluruh santri putri dan juga ustazah bagian tahfiz yang dipimpin oleh santri yang bertugas. Adapun pembacaan ketiga hanya dilaksanakan oleh santri putri yang haid, pembacaannya dilaksanakan ketika santri putri lainnya melakukan salat isya berjamaah. Sedangkan latar belakang dari pembacaan ini pada awalnya adalah sebagai benteng dan sarana mendekatkan diri kepada Allah bagi santri putri yang sedang haid sebab tidak dapat melaksanakan ibadah salat. Kemudian al-Ma’thurat selanjutnya juga diharapkan menjadi doa, dan benteng dari segala bahaya bagi seluruh masyarakat pondok pesantren. Terakhir, pemahaman terhadap al-Ma’thu>rat oleh santri dan ustaz-ustazah dikorelasikan dengan ayat-ayat alquran yang berbicara mengenai zikir. Efek dari pembacaan tersebut adalah mendapatkan ketenangan hati, serta melunakkan hati para santri di pondok pesantren,terlindung dari perbuatan yang tidak baik, serta meningkatkan keistiqamahan dalam beribadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhani, Nanda Kusumanandakusuma14@gmail.comE93217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Doa dan Zikir
Pesantren
Keywords: Living quran; al-Ma'thurat; Pesantren Tahfiz Daarul Quran Putri Cikarang.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nanda Kusuma Wardhani
Date Deposited: 01 Aug 2021 04:26
Last Modified: 01 Aug 2021 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48998

Actions (login required)

View Item View Item