Nilai sosio-sufistik dalam shalawat Wahidiyah di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah Kediri Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andirejo, Achmad Iswahyudi (2021) Nilai sosio-sufistik dalam shalawat Wahidiyah di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah Kediri Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Iswahyudi Andirejo_E97217027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai sosio-sufistik yang terkandung dalam shalawat Wahidiyah melalui ajaran-ajaran yang termuat di dalamnya. Pengamalan dari shalawat sebagai suatu bentuk ritus peribadahan tersendiri dalam dunia Islam. Pada sejarah hingga perkembangannya, shalawat telah mendapatkan posisi khusus sebagai suatu bentuk ibadah yang mampu menunjang spiritualitas seseorang. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah 1) Bagaimana aspek sufistik dari shalawat Wahidiyah di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah? 2) Bagaimana aspek sosial dari shalawat Wahidiyah terhadap pengikutnya di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan nilai sosio-sufistik dalam shalawat Wahidiyah dan dampaknya terhadap pengikutnya di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari pihak-pihak yang memiliki ketersangkutan dengan shalawat Wahidiyah dan Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah dan untuk sumber data sekunder didapatkan dari karya-karya yang relevan dengan penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa nilai sosio-sufistik yang terdapat pada shalawat Wahidiyah terkandung dalam ajaran shalawat tersebut. Nilai sufistik dari shalawat Wahidiyah terdapat dalam kandungan – ajaran – Li Allah, Bi Allah dan Li al-Rasul, dan nilai sosial terdapat dalam kandungan – ajaran – Yu’ti kulla dzi haqqin haqqah, Taqdim al-Aham fa al-ahamm tsumma al-Anfa’ fa al-Anfa’. Kesemua aspek tersebut dalam penerapannya di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyah sesuai dengan tuntunan dari Muallif shalawat Wahidiyah dan kesesuaian dengan kebutuhan nilai-nilai dalam kehidupan berkonteks sosial-spiritual.
Kata Kunci: Shalawat, Nilai Sosio-Sufistik, Wahidiyah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andirejo, Achmad Iswahyudiachmadasyaniy2501@gmail.comE97217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Pesantren
Sosiologi
Tasawuf
Keywords: Shalawat; Nilai Sosio-Sufistik; Wahidiyah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Achmad Iswahyudi Andirejo
Date Deposited: 23 Jul 2021 05:44
Last Modified: 23 Jul 2021 05:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48803

Actions (login required)

View Item View Item