تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الماليزيا بالمدرسة الثانوية الحكومية فسنترين عبد الطيب محمود سراواق (دراسة تحليل الأخطاء)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahdi, Mohd Amirul Arsyad (2021) تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الماليزيا بالمدرسة الثانوية الحكومية فسنترين عبد الطيب محمود سراواق (دراسة تحليل الأخطاء). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohd Amirul Arsyad bin Sahdi_A41217049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, mengapa peneliti ingin membuat penelitian di SMK Pesantren Abdul Taib Mahmud? Pembelajaran bahasa arab yang terdapat di Negeri Sarawak amatlah kurang dilaksanakan. Hal ini karena jumlah guru bahasa arab di Sarawak amatlah sedikit bandingkan dengan jumlah guru bahasa arab yang berada di Malaysia timur. Salah satu sebab kurangnya pembelajaran bahasa arab di Sarawak adalah komunitas muslim di Sarawak amatlah sedikit dibandingkan dengan dengan komunitas non muslim. Penulis ingin mencoba menganalisis kesalahan ilmu nahwu dan menguraikan penyebab terjadinnya kesalahan I’rob dikalangan siswa serta mencari solusi agar kesalahan ini dapat diatasi.Tujuan pembelajaran di SMK Pesantren Abdul Taib Mahmud adalah agar siswa mampu membaca teks teks arab dengan benar, namun realita di lapangan masih terdapat kesalahan yang dilakukan oleh siswa Ketika membaca teks teks arab tersebut. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian ini. Diantara tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis macam macam dan bentuk kesalahan I’rob pada pembacaan Siswa Malaysia Sekolah Menengah Kebangsaan Pesantren Abdul Taib Mahmud serta untuk mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penilitian analisis kesalahan berbahasa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa malaysia kelas 5 Sekolah Menengah Kebangsaan Pesantren Abdul Taib Mahmud. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan wawancara dan ujian kepada siswa Simpulan dari penelitian ini adalah 1)Jenis kesalahan I’rob pada pembacaan Siswa Malaysia Sekolah Menengah Kebangsaan Pesantren Abdul Taib Mahmud adalah: nasab terdapat 27 kesalahan, rafa’ terdapat 33 kesalahan dan jarr terdapat 50 kesalahan. 2) Bentuk kesalahan I’rob pada pembacaan Siswa Malaysia Sekolah Menengah Kebangsaan Pesantren Abdul Taib Mahmud yaitu Fi’il Mudhori’ terdapat 11 kesalahan, Maf’ul bih terdapat 8 kesalahan dan Jama’ Taksir terdapat 14 kesalahan. 3)Sebab kesalahan I’rob pada pembacaan Siswa Malaysia Sekolah Menengah Kebangsaan Pesantren Abdul Taib Mahmud terbagi kepada 2 yaitu : 1) kurang praktek. 2) Belum memahami kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahdi, Mohd Amirul Arsyadamirulasyad@gmail.comA41217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Pesantren
Keywords: Analisis kesalahan nahwu; I’rob; Siswa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mohd Amirul Arsyad Sahdi
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:24
Last Modified: 06 Jul 2021 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48246

Actions (login required)

View Item View Item