Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pemanfaatan potensi lokal pasca panen oleh kelompok tani di Desa Banowan Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umar, Muhammad Faishol (2021) Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pemanfaatan potensi lokal pasca panen oleh kelompok tani di Desa Banowan Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Faishol Umar_B02216037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan yang dilakukan kepada kelompok tani melalui pengelolahan tepung beras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Banowan Kecamatan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Masyarakat menyepakati memilih padi untuk di olah menjadi tepung beras sebagai pemicu perubahan masyarakat dan meningkatkan perekonomian yang lebih baik. Kebetulan juga di Desa Banowan masyarakatnya belum ada yang mengelola tepung beras dan biaya produksi yang terhitung terjangkau membuat masyarakat antusias dan memilih pengelolahan tepung beras. Dalam pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan masyarakat. Kegiatan pendampingan dilakukan mulai dari penyadaran terhadap aset yang dimiliki masyarakat sampai dengan masyarakat mampu memobilisasi aset untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera. Pendampingan melalui pendekatan ABCD yang dilakukan pada kelompok tani RT 07 telah membawa perubahan pada masyarakat, baik perubahan dari segi kualitas maupun kuantitas. Saat ini masyarakat mulai menyadari aset dan potensi yang dimilikinya sekarang dan mau memanfaatkannya. Selain itu aksi yang dilakukan kelompok tani melalui pengelolahan beras juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umar, Muhammad Faisholfaisolumar22@gmail.comB02216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Muhammad Munirmunir@uinsby.ac.id2017035901
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Beras; Pemberdayaa; Kesejahteraan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: muhammad faishol umar
Date Deposited: 22 Jun 2021 13:11
Last Modified: 22 Jun 2021 13:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48077

Actions (login required)

View Item View Item