Lokasi observasi Hilal pesantren Nurul Falah Mojokerto: analisis kelayakannya dalam perspektif kriteria Thomas Djamaluddin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Robbi Setya (2020) Lokasi observasi Hilal pesantren Nurul Falah Mojokerto: analisis kelayakannya dalam perspektif kriteria Thomas Djamaluddin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robbi Setya Pamungkas_C08216022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana alasan Lembaga Falakiyah PCNU Mojokerto memilih Pesantren Nurul Falah Mojokerto sebagai tempat observasi Hilal, dan menjawab mengenai Idealitas posisi astronomis lokasi observasi Hilal Pesantren Nurul Falah Mojokerto, luasan medan pandang terbukanya ke ufuk barat, ketinggian ufuk baratnya yang terlihat (mar’i) yang terdapat banyak pepohonan dan penghalang-penghalang observasi menggunakan kriteria Thomas Djamaluddin. Peneliti dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif. Kemudian data primer yang peneliti gunakan adalah wawancara dengan pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Mojokerto, lokasi observasi Hilal Pesantren Nurul Falah Mojokerto, dan penelitian yang berjudul Parameter Kelayakan Tempat Rukyat (Analisis Terhadap Pemikiran Thomas Djamaluddin Tentang Kriteria Tempat Rukyat Yang Ideal), Skripsi karya Noor Aflah. Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik Wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Kemudian diolah dengan taknik pengolahan data editing, dan Verifiying. Dan yang terakhir dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian diketahui bahwa: latar belakang penggunaan pondok pesantren Nurul Falah oleh Lembaga Falakiyah PCNU Mojokerto sebagai tempat observasi Hilal adalah pertama, medan pandangnya ke ufuk barat sangat luas; kedua, ketinggian tempatnya dari permukaan laut cukup memadai; ketiga, akses dan sarana penunjangnya sangat baik. Kemudian sesuai hasil penelitian menggunakan kriteria Thomas Djamaluddin, Pesantren Nurul Falah Mojokerto hanya memenuhi 2 aspek kriteria kelayakan tempat, yakni dari segi posisi astronomis dan luasan medan pandang terbukanya ke ufuk barat, tapi tidak memenuhi kriteria layak dari segi ketinggian ufuk barat yang terlihat (mar’i) terdapat penghalang pandangan ke hilal berupa barisan pepohonan dan dataran yang meninggi di latar depan ufuk barat. Peneliti menambahkan saran sesuai hasil penelitian, bahwa Pondok Pesantren Nurul Falah hanya memenuhi 2 dari aspek kriteria kelayakan sebagai lokasi observasi hilal, takni dari aspek Idealitas posisi Astronomis dan Idealitas medan pandang ke ufuk barat. Maka disarankan kepada pengurus Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur untuk mencari lokasi lain yang memenuhi kriteria potensial untuk tempat observasi hilal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Robbi Setyarobbisetya11@gmail.comC08216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Abd.Salamabd.salam83@yahoo.co.id2017085701
Subjects: Pesantren
Keywords: Kelayakan; Observasi Hilal; Kriteria Thomas Djamaluddin.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Robbi Setya Pamungkas
Date Deposited: 15 May 2021 23:39
Last Modified: 15 May 2021 23:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47801

Actions (login required)

View Item View Item