Problematika pembelajaran Tahfidz al-Qur’an pada santri kelas 12 di Pesantren Al-amanah Junwagi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusydi, Muhammad Ilham (2021) Problematika pembelajaran Tahfidz al-Qur’an pada santri kelas 12 di Pesantren Al-amanah Junwagi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ilham Rusydi_D91217108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika di pesantren al-Amanah, maka di buat tiga rumusan masalah : 1. Bagaimana problematika tahfidz al-qur’an pada santri kelas 12 di Pesantren al-Amanah? 2. Apa saja upaya untuk mengatasi problematika tahfidz al-qur’an di pesantren al-Amanah? 3. Apa saja dukungan dan hambatan menghafal al-qur’an pada santri?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan dan bersifat studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulangi teknik dan triangulasi sumber. Bedasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) problematika tahfidz al-qur'an di pesantren al-amanah yaitu Daya tangkap masing-masing santri yang berbeda-beda, Faktor kemauan dari anak yang kurang, Belum mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, Tidak bisa mengatur waktu ketika menghafal di pesantren, Sifat malas yang ada pada siswa dan adaptasi lingkungan pondok. Kemudian 2) Upaya mengatasi problematika tahfidz al-qur'an yaitu dengan penguatan niat menghafal al-qur’an, menjadikan setiap awal aktifitas dengan menghafal, melawan malas dengan motivasi dan ibadah, sering bersosialisasi dengan teman seperjuangan, memperbaiki kualitas asatidz tahfidz, mengadakan kelas tambahan edukasi tahfidz, belajar dari guru yang lebih berpengalaman, memperbaiki hubungan dengan allah dengan meninggalkan maksiat.3)Faktor pendukung tahifdz al-qur'an di pesantren al-amanah adalah Dukungan penuh dari orang tua dan pesantren, usia yang ideal, Pembagian waktu, tempat yang sejuk dan teman yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat tahfidz al-qur'an adalah adalah teman sebaya, kepadatan kegiatan pesantren, melakukan dosa yang sengaja, tanggung jawab Dewan Santri dan ujian akhir madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusydi, Muhammad Ilhamilhamrusydi3@gmail.comD91217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abdur Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pesantren
Keywords: Problematika; Tahfidz al-qur’an; Pesantren modern.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad ilham rusydi
Date Deposited: 24 Apr 2021 07:40
Last Modified: 24 Apr 2021 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47681

Actions (login required)

View Item View Item