Persepsi santri pondok pesantren As-syafi'iyah terhadap gerakan Salafi dan Wahabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Safitri Puspita (2021) Persepsi santri pondok pesantren As-syafi'iyah terhadap gerakan Salafi dan Wahabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safitri Puspita Wulandari_E21216099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Continue and Change yang dikemukakan oleh seorang Profesor di Universitas Georgetown, John O.voll. Adanya perubahan yang terjadi di suatu masyarakat atau organisasi disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor dari dalam masyarakat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di pondok pesantren As-Syafi’iyah semenjak bu nyai meninggal terjadi perubahan yang cukup drastis. Pembacaan diba’ yang semula menggunakan alat musik terbang kini sudah tidak dibolehkan. Tidak hanya itu, dulu masih ada bu nyai kita sebagai santri masih boleh melakukan senam dan mengadakan acaran dengan salah satu kegiatannya adalah nasyid kini juga tidak boleh. Semua itu dianggap bid’ah oleh salah satu ndalem. Dan semenjak bu nyai meninggal para santri merasa jika di dalam pondok terdapat pondok. Hal ini disebabkan karena adanya pembeda dan pemisah antara anak tahfidz dan non tahfidz. Pemisah disini tidak hanya dari kamar, tetapi kegiatan juga. Jadi jika ada peringatan hari besar seperti maulid Nabi, anak tahfidz dan non tahfidz mengadakan kegiatan sendiri-sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Safitri Puspitasafitripuspita310@gmail.comE21216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Pesantren
Keywords: Salafi; Wahabi; Pondok Pesantren As-Syafi’iyah; Dampak.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Safitri Puspita Wulandari
Date Deposited: 04 Apr 2021 08:48
Last Modified: 04 Apr 2021 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47299

Actions (login required)

View Item View Item