Transformasi geng gangster menjadi komunitas gangster GPS di tinjau dari bentuk solidaritas sosial, analisis di Jalan Krajan 1, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baqiyah, Leni Aqidatul (2021) Transformasi geng gangster menjadi komunitas gangster GPS di tinjau dari bentuk solidaritas sosial, analisis di Jalan Krajan 1, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leni Aqidatul Baqiyah_I73217034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni tentang bagaimana proses perubahan atau transformasi geng gangster menjadi komunitas gangster GPS di tinjau dari bentuk solidaritas sosial. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisa judul adalah toeri Solidaritas Sosial Eile Durkheim, yang solidaritas sosial mekanik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada sebuah perubahan yang terjadi didalam sebuh kelompok sosial yang awalnya geng menjadi sebuah komunitas, keadaan geng gangster sebelum menjadi komunitas gangster ini bisa dikatakan kurang baik, kurang baik dalam hal tingkah laku, pemikiran, bentuk solidaritas dll. dimana dulu mereka hanya menggunakan geng gangster sebagai simbol atau identitas di kampung krajan 1 tanpa adanya suatu dampak yang baik yang mereka rasakan dan masyarakat dapatkan, hanya ada tawuran, kenakalan, dan ingin ditakuti serta disegani. Tetapi setelah mereka mempunyai nama baru yaitu komunitas gangster GPS mereka menjadi pribadi yang berbeda baik itu dari segi penampilan, pemikiran, tingkah laku serta bentuk solidaritas sosial. Sejak menjadi Komunitas Gangster GPS pada tahun 2014 yang dipimpin oleh bapak rokhim menjadi sebuah jebolan baru untuk para pemuda yang ada di dusun krajan tersebut. tentunya untuk mencapai sebuah perubahan pasti ada sebuah proses didalamnya dari masih geng gangster sehingga menjadi seperti sekarang. Peneliti melihat perubahan dari gangster ini dengan tinjauan bentuk solidaritas sosial, dimana solidaritas sosial merupakan hal yang penting dalam sebuah kelompok sosial, dimana rasa saling percaya atas dasar pengalaman bersama yang bisa menumbuhkan rasa kekerabatan dalam sebuah komunitas atau kelompok sosial tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baqiyah, Leni Aqidatulaquariusnes12@gmail.comI73217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabid.rohman@uinsby.ac.id2023067704
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Transformasi; Geng; Komunitas; Gangster; GPS; Solidaritas Sosial.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Leni Aqidatul Baqiyah
Date Deposited: 02 Mar 2021 14:33
Last Modified: 02 Mar 2021 14:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46878

Actions (login required)

View Item View Item