Konsep Zuhud Syekh Nawawi al-Bantani: implementasi zuhud dalam merubah perilaku hedonistic pemuda karang taruna di Putat Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufikurrohman, Taufikurrohman (2021) Konsep Zuhud Syekh Nawawi al-Bantani: implementasi zuhud dalam merubah perilaku hedonistic pemuda karang taruna di Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taufikurrohman_E07216012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Konsep Zuhud Syekh Nawawi al-Bantani (Implementasi zuhud dalam merubah perilaku hedonistic pemuda karang taruna di Putat Jaya Surabaya)”. Permasalahan dalam skripsi ini ini membahas terkait tingkah laku hedonistik pada pemudakarang taruna Putat Jaya Surabaya. Pelaku dalam skripsi ini memiliki berbagai jenis kecanduan terhadap barang yang menurutnya merupakan suatu hobi atau suatu kegiatan yang menguntungkan bagi dirinya dan dapat menimbulkan kepuasan dalam dirinya. Penelitian ini terdiri dari beberapa pertanyaan diantaranya meliputi, pertama bagaimana konsep zuhud Syekh Nawawi al-Bantani?. Kedua, bagimana perilaku hedonistik pemuda karang taruna Putat Jaya Surabaya?. Ketiga, bagaimana implementasi zuhud Syekh Nawawi al-Bantani sebagai solusi dalam menghadapi perilaku hedonistic pemuda karang taruna Putat Jaya Surabaya?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi zuhud Syekh Nawawi al-Bantani sebagai solusi dalam menghadapi perilaku hedonistic pemuda karang taruna Putat Jaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan beberapa narasumber yang berkaitan dengan skripsi ini. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah metode wawancara yaitu menyajikan permasalahan dengan melibatkan narasumber yang bersangkutan dengan skripsi ini. Hasil dari skripsi ini bahwasannya konsep zuhud Syekh Nawawi al-Bantani merupakan sebuah solusi yang baik dalam mengatasi perilaku hedone di pemuda karang taruna Putat Jaya Surabaya. Dimana sebelumnya konsep tersebut di sosialisasikan oleh peneliti terhadap para narasumber. Setelah adanya sosialisasi, selanjutnya peneliti melakukan titik terakhir dengan mempertanyakan bgaimana hasil dari kegiatan sosialisasi sebelumnya. Alhasil kegiatan sosialisasi tersebut membuahkan hasil yang cukup baik meskipun tidak langsung merubah, paling tidak sedikit suah merubah pola pikir mereka yang mengakibatkan timbulnya tingkah laku hedone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufikurrohman, Taufikurrohmantaufikurrohman201@gmail.comE07216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Islam dan Humanisme
Keywords: Zuhud; Perilaku Hedonitik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Taufik Rohman
Date Deposited: 15 Feb 2021 12:42
Last Modified: 16 Feb 2021 11:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46499

Actions (login required)

View Item View Item