Studi komparasi hasil belajar siswa tinggal di asrama dengan pondok pesantren pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN 2 Kuningan Jawa Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfirotin, Tria (2021) Studi komparasi hasil belajar siswa tinggal di asrama dengan pondok pesantren pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN 2 Kuningan Jawa Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tria Maghfirotin_D01216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa yang tinggal di asrama, hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa yang tinggal di pondok pesantren di MAN 2 Kuningan Jawa Barat, kemudian apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dari keduanya yang dilihat dari nilai raport siswa kelas XI.Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini berupa komparasi dengan membandingkan anata dua kelompok objek topik kemudian ditarik kesimpulan. Karena populasi lebih dari 100 siswa, sampel yang diambil sebanyak 25 anak dari masing-masing kelompok. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa angket untuk mengetahui tempat tinggal siswa, observasi untuk mengetahui keadaan objek secara langsung, dan dokumentasi untuk mengetahui profil sekolah dan nilai raport siswa. Hasil belajar siswa yang tinggal di asrama diperoleh nilai dengan rata-rata 80,78 sedangkan untuk pondok pesantren adalah 81,14. Uji Independen T-test digunakan untuk menemukan hasil penelitian ini dan untuk hasilnya adalah Ho diterima dan Ha ditolak karena nilai sig (signifikasi) yang diketahui adalah 0,578 yang artinya sig > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tinggal di asrama maupun pondok pesantren pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfirotin, Triamaghfirotintria@gmail.comD01216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Pesantren
Keywords: Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Asrama; Pondok Pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tria Maghfirotin
Date Deposited: 30 Jan 2021 05:10
Last Modified: 30 Jan 2021 05:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46077

Actions (login required)

View Item View Item