Konstruksi pendidikan karakter bagi mahasiswa di pondok pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warsito, Edi (2020) Konstruksi pendidikan karakter bagi mahasiswa di pondok pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edi Warsito_F12318122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1)Bagaimana deskripsi kontruksi pendidikan karakter yang diterapkan di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda, 2)Bagaimana implikasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda di dalam kejujuran dan kedisiplinan. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penulis mencoba untuk meneliti tentang pendidikan karakter bagi mahasiswa di kota metropolitan, yakni di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya. Peneliti ingin mendiskripsikan bagaimana Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya mengkontruksikan pendidikan karakter bagi santrinya, dan implikasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya bagi santri dalam hal kejujuran dan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian tunggal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan trianggulasi data, sedangkan data dianalisis dengan model interaktif yang terbagi dalam pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda dalam menjalankan pendidikan karakter menekankan pada penanaman nilai-nilai religius dan budi pekerti yang luhur diikuti dengan praktik. Kegiatan pendidikan meliputi pengajian di majlis ilmu secara klasikal yang menekankan aspek kognisi dengan diselingi pembiasaan karakter pada kegiatan pengajian. Para asatidz dan pengurus pondok juga memberikan teladan dan pengarahan agar santri dapat memilki budipekerti yang luhur pada setiap kesempatan di keseharian santri. Dalam menjalankan semuanya itu, segenap pendidik dibantu oleh berbagai pihak baik dari dalam pondok pesantren maupun dari luar pondok pesantren agar pembinaan dapat berjalan lancar dan kondusif. Adapun implikasi dari pendidikan yang dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda adalah santri memiliki karakter Enam Tabiat Luhur dan nilai yang terkandung dalam Tris Sukses Generus yang mana termanifestasi dalam “professional-religius”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warsito, Ediwarsitoedi354@gmail.comF12318122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanumasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorHuda, Syamsulsyamsulh@uinsby.ac.id2029037201
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter; konstruksi; pondok pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd. Edi Warsito
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:08
Last Modified: 20 Nov 2020 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45144

Actions (login required)

View Item View Item