Pemahaman santri terhadap kisah Isrāīliyyāt dalam Tafsīr Jalālain: studi Ponpes Apis Sanan Gondang Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Nadzirotul (2020) Pemahaman santri terhadap kisah Isrāīliyyāt dalam Tafsīr Jalālain: studi Ponpes Apis Sanan Gondang Blitar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadzirotul Mufidah_F02518206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan Isrāīliyyāt dalam dunia tafsir Al-Qur’an adalah sebuah fenomena yang harus diketahui dan dipahami oleh segenap umat Islam karena terdapat bahaya di dalamnya bagi yang tidak memahami secara benar tentang apa itu Isrāīliyyāt. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu mewaspadainya. Menyadari hal tersebut, telah banyak dilakukan penelitian tentang kisah ini, namun sebagian besar penelitian tersebut bersifat studi pustaka/ literatur, sehingga belum diketahui bagaimana kondisi pemahaman umat Islam di lapangan terkait Isrāīliyyāt ini. Kurangnya penelitian lapangan tersebut melatarbelakangi penelitian ini, di mana penulis menggunakan metode kombinasi antara studi pustaka dan penelitian lapangan untuk mendapatkan gambaran nyata terkait pemahaman Isrāīliyyāt. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada pemahaman santri terhadap kisah Isrāīliyyāt dalam Tafsīr Jalālain dan bagaiman relevansinya terhadap sikap keagamaan para santri Ponpes APIS Sanan Gondang Blitar yang merupakan salah satu pesantren ternama dan tertua di Blitar, dan membatasi Isrāīliyyāt yang bersumber dari Kitab Tafsīr Jalālain yang merupakan salah satu Kitab pokok di pesantren salaf. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menghasilkan data yang menunjukkan bahwa pemahaman santri mengenai Kisah Isrāīliyyāt ada pada tingkatan yang sangat kurang. Hal ini dibuktikan dengan kondisi bahwa sebagian besar responden tidak paham sama sekali tentang Isrāīliyyāt, hanya sebagian kecil santri yang memiliki pemahaman Isrāīliyyāt meskipun tidak secara sempurna. Selain itu pemahaman tentang Kisah Isrāīliyyāt mempunyai relevansi terhadap sikap keagamaan mereka. Hal ini karena saat mereka lebih memahami tentang Isrāīliyyāt, mereka lebih bisa mengambil sikap yang benar dan dapat menilai kebenaran tentang Kisah Isrāīliyyāt tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Nadzirotulnadzirotul.mufidah@gmail.comF02518206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Thesis advisorMasruhan, Masruhannotavailable@not.com2004045901
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Pesantren
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Isrāīliyyāt; Ponpes APIS Sanan Gondang; Tafsīr Jalālain.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nadzirotul Mufidah
Date Deposited: 16 Nov 2020 22:52
Last Modified: 16 Nov 2020 22:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45063

Actions (login required)

View Item View Item