Analisis kelas sosial dalam Film Joker 2019: kajian filosofis melalui Teori Karl Marx

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifuddin, Syaifuddin (2020) Analisis kelas sosial dalam Film Joker 2019: kajian filosofis melalui Teori Karl Marx. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaifuddin_ E01213081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam masyarakat, kelas-kelas sosial lahir dan berkembang. Masyarakat, secara tidak langsung melahirkan pola-pola tertentu dan atau membentuk struktur-struktur dalam masyarakat. Hal itu di tengarahi oleh suatu sudut pandang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan fisiknya. Kemudian masyarakat melihat hubungan-hubungan sosial yang lahir dari penyesuaian ini dan sekaligus tunduk atas aspek-aspek kenyataan sosial di atas. Penelitian ini mencoba untuk mengkaji aspek-aspek sosial dalam film Joker dengan menggunakan teori Marx. Marx merumuskan kelas-kelas, yakni kelas kaum borjuis dan kelas kaum proletariat yang kelak melahirkan konflik. Kemudian peneliti mengajukan permasalahan bagaimana analisis konflik antar kelas sosial dalam film Joker 2019 dalam perspektif Karl Marx? Kajian ini menggunakan jenis kajian pustaka (library research). Sedangkan penelitian ini data dikumpulkan melalui literatur yang terkait, kemudian diolah dengan menggunakan pendekatan filosofis, di mana kajian-kajian kelas sosial dalam film mencakup aspek-aspek terkecil, seperti makna kekacauan sebuah kota atas kebijakan pemerintah atau ketimpangan sosial, seksualitas dan supremasi. Film ini menyoroti kelas sosial dengan sudut pandang yang berbeda dengan film-film Joker sebelumnya. Film ini mengkonstruksi wacana kelas bawah Arthur dengan pemerintah Gotham City dan beberapa masalah yang sebetulnya lahir dari kekacauan lingkungan Gotham, nampaknya kaum borjuis dan proletariar. Konteks kelas sosial di Indonesia sangat tampak dari segi corak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan dalam Islam sendiri kelas sosial muncul sejak Nabi Muhammad dan seiring dengan perkembangan zaman kelas tersebut dipandang sebagai stratifikasi dari segi keilmuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifuddin, Syaifuddinnarasisipud@gmail.comE01213081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Konflik sosial
Psikologi Sosial
Keywords: Kelas Sosial; Karl Marx; Film Joker 2019.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Syaifuddin Syaifuddin
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:42
Last Modified: 20 Nov 2020 01:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45049

Actions (login required)

View Item View Item