Tipologi Pemikiran Elite Pesantren di Kabupaten Jombang tentang Pemanfaatan Jasa Perbankan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaimin, Muhammad (2020) Tipologi Pemikiran Elite Pesantren di Kabupaten Jombang tentang Pemanfaatan Jasa Perbankan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Muhammad Muhaimin_F53416022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan tipologi pemikiran elite pesantren di Kabupaten Jombang tentang pemanfaatan jasa perbankan. Pesantren di Kabupaten Jombang adalah pusat pengkaderan pemikir-pemikir agama Islam dan merupakan bagian dari yang terlibat dalam proses perubahan sosial. Melihat peran pesantren tersebut, penelitian ini menjawab dua rumusan masalah, yaitu bagaimana tipologi pemikiran elite pesantren di Kabupaten Jombang berkaitan dengan pemanfaatan jasa perbankan dan bagaimana realitas pemanfaatan jasa perbankan oleh elite pesantren di Kabupaten Jombang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, karena tujuan utamanya adalah untuk memahami sikap elite pesantren di Kabupaten Jombang terhadap jasa perbankan, baik konvensional maupun syari’ah. Dengan pendekatan ini akan ditemukan bentuk dan tipologi pemikiran elite pesantren di Kabupaten Jombang berkaitan dengan pemanfaatan jasa perbankan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pola pemikiran elite pesantren di Kabupaten Jombang dalam masalah perbankan berpedoman pada prinsip Hukum Islam yang salih likull zaman wa makan, dan masalah perbankan adalah masalah baru dan merupakan objek ijtihad dalam Hukum Islam. Tipologi pemikiran elite pesantren di Kabupaten Jombang berkaitan dengan pemanfaatan jasa perbankan dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu para kiai yang berfikiran modernis, para kiai yang berfikiran neo-revivalis dan para kiai yang berfikiran tengah-tengah antara dua klasifikasi tersebut. Sebagian besar elite pesantren di Kabupaten Jombang tidak mempermasalahkan pemanfaatan jasa dari perbankan konvensional maupun syari’ah dengan berbagai alasan yang dikemukakan, dan sebagian pesantren secara lembaga telah mengambil kebijakan memanfaatkan jasa perbankan syari’ah. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini memperkuat teori bahwa permalasalahan riba dan bunga bank adalah masalah muamalah ijtihadiyah dan masalah khilafiyah yang terus terbuka untuk dikaji dengan memperhatikan berbagai disiplin ilmu terkait yang terus berkembang. Hukum muamalah memiliki ruang gerak yang longgar dan bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaimin, Muhammadimin0474@gmail.comF54316022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahroh, Ahmad--2007065501
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Pesantren
Keywords: Perbankan; Elite pesantren; Tipologi pemikiran.
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muhammad Muhaimin
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:08
Last Modified: 19 Oct 2020 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44639

Actions (login required)

View Item View Item