Peran karang taruna dalam pembangunan Desa Wisata Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dalam tinjauan teori solidaritas Emile Durkheim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, M. Fathur (2020) Peran karang taruna dalam pembangunan Desa Wisata Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dalam tinjauan teori solidaritas Emile Durkheim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fathur Rohman_I03216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti ini menggunakan metode kualitatif, melalui observasi dilapangan, wawancara dengan subyek yang ditentukan, serta dokumentasi sebagai bukti/penunjang dalam penelitian tersebut. Selain itu, sebagai penunjang sumber data dari paparan praktis juga kajian pustaka. Sedangkan menganalisa data peneliti menggunakan teori solidaritas Emile Durkheim untuk mengetahui sejauh mana tingkat peran karang taruna di Desa Sumberrejo dalam Pembangunan Desa Wisata. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu Desa Wisata nerupakan wisata alam yang wisata tersebut masih dikelola secara mandiri oleh Karang Taruna Desa Sumberrejo, tanpa melakukan kerjasama dengan pihak desa, dinas, ataupun investor asing. Namun setelah terbangunnya beberapa wisata di Desa Sumberrejo itu pihak desa, dinas ataupun investor asing memberikan perhatian dengan dana BUMDes agar tercipta Desa Wisata di Desa Sumberrejo Kec. Purwosari kab. Pasuruan. Penulis dapat menjawab rumusan masalah yang telah ditemukan di lapangan yaitu, 1) Apa yang melatar belakangi dalam pembangunan Desa Wisata di Desa Sumberrejo Kec. Purwosari Kab. Pasuruan meliputi : a) mengoptimalkan badan usaha milik desa sebagai pilar pembangunan dan pengembangan desa wisata, b) BUMDes sebagai pilar ekonomi pedesaan, c) fungsi dan peran BUMDes dalam pembangunan d) optimalisasi hasil produksi desa untuk pembangunan desa wisata. 2) peran karang taruna dalam pembangunan desa wisata di Desa Sumberrejo Kec. Purwosari Kab. Pasuruan.meliputi : a) wirausaha, b) melestarikan budaya local, c) melestarikan lingkungan alam, d) memberikan pelayanan, e) melakukan edukasi dan budaya, f) menyumbangkan ide demi pembangunan desa wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, M. Fathurfathurchitur23@gmail.comI03216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Lingkungan Hidup
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Peran karang Taruna; Pembangunan desa wisata.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhammad Rohman
Date Deposited: 08 Oct 2020 13:38
Last Modified: 08 Oct 2020 13:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44449

Actions (login required)

View Item View Item