Analisis permintaan kredit pada bank keliling dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhtaliana, Feny (2020) Analisis permintaan kredit pada bank keliling dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feny Mukhtaliana_G71216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam arus perkembangan zaman yang modern, secara tidak langsung telah berdampak pada pergeseran pola hidup di masyarakat. Imbasnya terlihat pada perubahan perekonomian yang semakin meningkat, namun sayangnya hal itu tidak diimbangi dengan kemampuan daya beli. Jadi tidak sedikit jika dilingkungan masyarakat kini telah berkembang pola hidup baru yakni melakukan permintaan kredit pinjaman di penyedia jasa pinjaman atau lembaga keuangan non bank guna memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi. Dimana dalam penelitian ini disebut dengan “Bank Keliling”. Skripsi yang berjudul “Analisis Permintaan Kredit Pada Bank Keliling dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian yang menjawab pertanyaan mengenai apakah yang menjadi faktor – faktor pengaruh dari permintaan kredit pada bank keliling (rentenir) dan bagaimana dampak terhadap kesejahteraan masyarakatnya di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini, metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan angket bersama para informan yang tidak lain adalah para nasabah dari bank keliling di Desa Lajuk dan Desa Sidokerto yang menjadi titik sampel penelitian ini dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan kredit di Kabupaten Sidoarjo adalah faktor pendapatan, faktor jumlah tanggungan, faktor persepsi, faktor selera, faktor kelas sosial dan faktor teman atau kelompok referensi. Namun sayangnya dalam segala bentuk pengaruh permintaan tersebut, lebih banyak menimbulkan dampak yang buruk dan menyebabkan ketidaksejahteraan masyarakat yakni mengakibatkan adanya keenderungan masyarakat hidup lebih konsumtif dan merubah pola hidup yang membuat ketahanan ekonomi rumah tangga menjadi rentan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhtaliana, Fenyfenymukhtaliana29@gmail.comG71216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYalina, Nitanitayalina@uinsby.ac.id2008028702
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Permintaan kredit; Bank keliling; Kesejahteraan masyarakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Feny Mukhtaliana
Date Deposited: 21 Sep 2020 13:43
Last Modified: 21 Sep 2020 13:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44147

Actions (login required)

View Item View Item